UMKM Wajib Adaptasi di Era Transformasi Digital, Perkumpulan Bumi Alumni Siap Bantu Kuatkan Kualitas Produk

- 25 Mei 2021, 01:22 WIB
Perajin menunjukkan produksi jam tangan kayu di UMKM Kaywood, Pandeglang, Banten. UMKM Wajib Adaptasi di Era Transformasi Digital, Perkumpulan Bumi Alumni Siap Bantu Kuatkan Kualitas Produk.
Perajin menunjukkan produksi jam tangan kayu di UMKM Kaywood, Pandeglang, Banten. UMKM Wajib Adaptasi di Era Transformasi Digital, Perkumpulan Bumi Alumni Siap Bantu Kuatkan Kualitas Produk. /Antara Foto/Muhammad Bagus Khoirunas/

ZONA PRIANGAN - Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) harus menyesuaikan diri di era transformasi digital saat ini.

Adanya transformasi digital membuat proses bisnis menjadi lebih singkat dan efisien.

Seperti yang dikatakan Ketua Umum Perkumpulan Bumi Alumni (PBA), Ary Zulfikar, bahwa transformasi digital juga membuat proses produksi menjadi sangat cepat sehingga menghasilkan pasar yang saling bersaing.

Baca Juga: Dukung Kemandirian Finansial dan Pemberdayaan UMKM Alumni Unpad, PBA Resmikan Lupba Cafe

“Tidak aneh sekarang kita membeli barang dari Alibaba dan Amazon, kita dapat gratis ongkos kirim padahal beda benua. Kita sekarang berada di era transformasi digital,” kata Ary dalam acara Halalbihalal virtual Idulfitri 1442 Hijriah dengan tema "Idulfitri Mengembalikan Fitrah Kebersamaan, Membersihkan Egoisme Diri" pada Minggu, 23 Mei 2021 malam.

Ary pun berharap, pelaku UMKM bisa memanfaatkan ekonomi digital untuk akses pasar dan distribusi produk UMKM.

"Dalam hal ini, PBA juga siap membantu pelaku UMKM untuk menguatkan dan mengembangkan kualitas supaya produk mempunyai nilai ekonomi dan berdaya saing tinggi," ucapnya.

Baca Juga: Pelaku UMKM Jabar Kini Banyak Manfaatkan Pasar Digital, Efektif Pulihkan Perekonomian Dikala Pandemi Covid-19

Dalam kesempatan itu, Ketua Bidang Hubungan Lembaga PBA, Dewi Tenty S.A, yang tampil sebagai moderator mengatakan, UMKM sudah terbukti menjadi sektor yang paling bertahan meski Indonesia dilanda beberapa kali resesi.

Halaman:

Editor: Yurri Erfansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x