Inilah 6 Jenis Bansos yang Disiapkan Terdampak PPKM Level 4 yang Diperpanjang

- 26 Juli 2021, 06:00 WIB
Pemerintah telah  siap menyalurjan 6 jenis Bansos terkait PPKM Level 4 yang diperpanjang.
Pemerintah telah siap menyalurjan 6 jenis Bansos terkait PPKM Level 4 yang diperpanjang. /Tangkapan layar Instagram.com/@kemensosri

ZONA PRIANGAN - Pemerintah menyalurkan berbagai jenis bantuan sosial (bansos) baik berbentuk tunai dan non-tunai untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 yang diperpanjang hingga 2 Agustus 2021 mendatang.

Dikutip Antara dalam konferensi pers virtual, Minggu 25 Juli 2021, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto memaparkan sederet bantuan sosial yang akan disalurkan selama pemberlakuan PPKM level 4,diantaranya sebagai berikut:

1. Kartu sembako

Pemerintah akan memperpanjang bantuan program Kartu Sembako selama 2 bulan, yakni pada Juli-Agustus 2021. Penerima program Kartu Sembako akan menerima bantuan dengan besaran manfaat Rp200 ribu per bulan.

Bansos sembako tersebut ditargetkan dapat diterima oleh 18,8 juta keluarga atau sekitar 75,2 juta orang. Untuk mengecek penerima Kartu Sembako, dapat membuka link https://cekbansos.kemensos.go.id.

Baca Juga: 4 Syarat untuk Mendapatkan Subsidi Upah Rp1 juta

2. Bansos tunai

Bansos tunai diperpanjang 2 bulan untuk periode Juli-Agustus 2021 untuk meringankan masyarakat yang terdampak pelaksanaan PPKM darurat.

Untuk perpanjangan 2 bulan ini akan dibayarkan pada Juli dengan target 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di 34 provinsi.

Untuk cek penerima bansos tunai, dapat membuka link https://cekbansos.kemensos.go.id.

Baca Juga: Selama Pemberlakuan PPKM Level 4, Mall dan Supermarket di Kota Bandung Harus Tutup

3. Beras Bulog

Pemerintah juga akan mengirim bansos berupa beras Bulog sebanyak 10 kg/keluarga kepada pemegang Kartu Sembako dan penerima Bantuan Sosial Tunai (BST).

Untuk pengadaan beras sekitar 250.000 ton, pemerintah sudah menyiapkan anggaran Rp 3,58 triliun yang akan menyasar pada 28,8 juta keluarga.

Untuk cek penerima bansos tunai dan Kartu Sembako, dapat membuka link https://cekbansos.kemensos.go.id.

Baca Juga: Sri Mulyani Siapkan Anggaran untuk Bantuan Subsidi Upah Bagi Pekerja yang Dirumahkan

4. BLT UMKM

Pemerintah akan kembali mengucurkan Bantuan Langsung Tunai bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (BLT UMKM) pada kuartal III 2021.

Sebanyak 3 juta pelaku UMKM ditargetkan akan mendapatkan BLT sebesar Rp 1,2 juta.

Bansos ini akan diberikan kepada mereka yang sebelumnya belum mendapatkan BLT UMKM alias peserta baru. Untuk mengecek penerima BLT UMKM, dapat membuka link https://eform.bri.co.id/bpum.

Baca Juga: 60 Ribu Warga Kota Bandung Bakal Terima Bansos Rp500 Ribu, Ini Cara Cek Namanya

5. Diskon tarif listrik

Pemerintah memperpanjang diskon tarif listrik untuk golongan 450 VA dan 900 VA bersubsidi, diskon listrik selama 3 bulan mulai dari Oktober hingga Desember. Diskon 50 persen diberikan untuk pelanggan golongan 450 VA, sedangkan golongan 900 VA akan menerima diskon 25 persen.

Untuk pelanggan pasca-bayar, stimulus atau diskon diberikan dengan langsung memotong tagihan rekening listrik pelanggan. Untuk pelanggan pra-bayar, diskon tarif listrik diberikan saat pembelian token listrik.

Baca Juga: Pemanah Cantik Rusia Pingsan, Penggemarnya Khawatir, Svetlana Gomboeva: Kepala Saya Sakit Parah

6. Bantuan Subsidi Upah (BSU)

Pemerintah menyiapkan anggaran Rp 10 triliun untuk anggaran bantuan kepada pekerja. Salah satunya, akan digunakan untuk bantuan subsidi upah.

Bantuan subsidi upah besarnya Rp 8,8 triliun, dan sisa Rp 1,2 triliun lagi akan diberikan untuk program Kartu Pra Kerja.

"Bantuan subsidi upah ini diberikan kepada pekerja yang tercatat di BPJS Ketenagakerjaan dan ini diberikan untuk daerah dengan level 3 dan 4. Bantuan ini diberikan 2 kali, Rp 600 ribu," ungkap Airlangga.***

Editor: Yudhi Prasetiyo

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x