Asal Kreatif, Banyak Peluang Usaha di Pangandaran

- 7 Juli 2020, 10:47 WIB
PELAKU UMKM yang memproduksi Juice Honje asal Kecamatan Parigi sedang mengepak barang sudah siap dipasarkan.*/MUSLIH SUPRIANTO/KABAR PRIANGAN
PELAKU UMKM yang memproduksi Juice Honje asal Kecamatan Parigi sedang mengepak barang sudah siap dipasarkan.*/MUSLIH SUPRIANTO/KABAR PRIANGAN /

ZONA PRIANGAN - Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Pangandaran terus berkembang, hingga tahun 2020 tercatat ada 10.882.

Seiring dengan itu, Pemkab Pangandaran berupaya secara maksimal membantu pemasarakan produk UMKM.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Pangandaran Tedi Garnida mengatakan, pihaknya rutin menggelar pelatihan kepada pelaku UMKM baik untuk pelatihan kelembagaan, legalitas, administrasi hingga pemasaran berbasis digital.

Baca Juga: Rasakan Guncangan, Warga Pangandaran Berlarian

Dari setiap pelatihan ke pelatihan berikutnya, banyak para pelaku UMKM yang mengalami peningkatan baik kualitas dan kuantitas.

"Saat ini banyak pelaku UMKM yang menjual prodak melalui online setelah mengikuti pelatihan," ungkapnya, Selasa (7/7/2020).

Menurutnya sumber daya alam yang ada di Pangandaran bagi orang yang memiliki kreativitas dan wawasan luas merupakan kesempatan dan peluang untuk mengembangkan usaha, salah satu contoh jus honje yang berbahan baku buah honje.

Baca Juga: Delapan Posko Awasi Perilaku Warga Selama AKB

"Usaha ini bisa berkembang cepat hingga pemasarannya sudah tembus ke luar daerah," tuturnya.

Halaman:

Editor: Parama Ghaly


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x