Air India Memborong Hampir 500 Pesawat Jet Airbus dan Boeing di Bawah Pemilik Baru Tata Group

- 15 Februari 2023, 00:47 WIB
Pesawat penumpang Air India terlihat di landasan bandara Internasional Chhatrapati Shivaji di Mumbai, India, 14 Februari 2023.
Pesawat penumpang Air India terlihat di landasan bandara Internasional Chhatrapati Shivaji di Mumbai, India, 14 Februari 2023. /REUTERS/Francis Mascarenhas

ZONA PRIANGAN - Air India telah menyegel kesepakatan yang memungkinkan maskapai yang berbasis di Kota New Delhi itu membeli 470 unit pesawat jet dari Airbus dan Boeing guna mempercepat lahirnya kembali perusahaan di bawah pemilik baru Tata Group.

Kesepakatan ini dicapai setelah Eropa dan Amerika Serikat memuji hubungan ekonomi dan politik yang semakin erat dengan New Delhi.

Sebanyak 220 unit pesawat dari Boeing dan 250 unit pesawat dari Airbus termasuk dalam kesepakatan terbaru, mengalahkan rekor sebelumnya untuk satu maskapai penerbangan.

Baca Juga: Analis: Airbus dan Boeing Mencoba Lebih Fokus untuk Memproduksi Pesawat Jet Berukuran Kecil

Air India bersaing dengan raksasa domestik IndiGo untuk melayani apa yang akan segera menjadi populasi terbesar di dunia itu.

Presiden AS Joe Biden melihat kesepatakan ini sebagai perjanjian "bersejarah".

Pesawat Airbus terdiri dari 210 unit pesawat berbadan sempit A320neo dan 40 pesawat berbadan lebar A350, yang nantinya akan menjadi armada dari Air India untuk melayani "rute ultra-panjang", kata Ketua Tata N Chandrasekaran.

Baca Juga: Hong Kong SFC Luncurkan Program Regulasi untuk Perdagangan Crypto Ritel demi Menjaga Keamanan Investor

Sementara Boeing akan memasok 190 unit 737 MAX, 20 unit 787 Dreamliners dan 10 mini-jumbo 777X.

Halaman:

Editor: Toni Irawan

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x