Intip Cara Dapatkan Dana KUR, Penting bagi Pelaku UMKM Sektor Usaha Produksi, Perdagangan atau Jasa

- 16 Februari 2023, 19:05 WIB
Ilustrasi transaksi perbankan.
Ilustrasi transaksi perbankan. /Pixabay/

ZONA PRIANGAN - Secara umum Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah program dari pemerintah guna membantu para pelaku usaha di Indonesia, terutama skala UMKM, sehingga KUR menjadi sebuah produk umum di lembaga perbankan, di Indonesia.

Bagaimana cara mendapatkan dana KUR?

Bank bjb sebagai mitra pemerintah dan UMKM, ternyata juga turut membantu dan mendorong kemajuan UMKM dengan penyaluran pinjaman permodalan melalui Kredit Usaha Rakyat atau yang dikenal sebagai KUR.

Dan layanan tersebut ternyata dapat dinikmati oleh beberapa sektor ekonomi produktif dengan jenis usaha produksi, perdagangan, maupun jasa dengan ketentuan telah berjalan minimal 6 bulan.

Baca Juga: Kembangkan Inovasi dan Kerjasama Terkait Industri Farmasi Indonesia, Pemerintah Skotlandia Kunjungi Bio Farma

Menurut Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb, Widi Hartoto, bank bjb merancang KUR sebagai fasilitas khusus bagi pelaku usaha perorangan atau badan usaha pada skala UMKM.

"Bank bjb menyalurkan bjb KUR dengan tiga tujuan kredit, yaitu untuk modal kerja, investasi, dan KUR penempatan TKI. Dengan jangka waktu pinjaman selama maksimal 36 bulan untuk kebutuhan modal kerja dan 60 bulan untuk investasi, " paparnya.

Sedangkan bagi debitur perpanjangan, suplesi, dan restrukturisasi, dikenakan jangka waktu pinjaman maksimal 48 bulan untuk modal kerja. Untuk investasi dikenakan jangka waktu maksimum 84 bulan.

Baca Juga: Ingin Bayar Tagihan Air Minum? Berikut Cara dan Langkah Lewat Mesin ATM dan Layanan bjb Waterbill Payment

Halaman:

Editor: Yurri Erfansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x