Rastiah Bingung, Kue Buatannya Bisa Disebut Serabi Mumplu

- 1 Agustus 2020, 16:14 WIB
KUE serabi jadi jajanan favorit warga Indramayu.*/HERI SUTARMA /

ZONA PRIANGAN - Berkunjung ke Kabupaten Indramayu tidak lengkap rasanya bila belum mencicipi kue serabi mumplu yang biasa dijual di pinggir jalan desa maupun di sejumlah ruas jalan kota.

Di bumi Wiralodra, kue yang di tengahnya makin mengembang ke atas alias menggunung atau mumplu itu memang jadi jajanan favorit.

Kuer serabi adonannya matang dibuat secara tradisional, bahannya pun tanpa zat pengawet sehingga tetap sehat jika di konsumsi.

Baca Juga: Awas Bahaya Mengintai di Perlintasan Sebidang, Ini Area Rawan Kecelakaan Transportasi

Kue khas Indramayu yang mumplu dan kalau dibelah (maaf) mirip kemaluan wanita ini bahannya terdiri dari tepung beras, kelapa, garam, penyedap rasa dan air secukupnya.

Proses pembuatannya juga tidak terlalu susah, semua bahan yang sudah disiapkan tadi terlebih dahulu dicampur jadi satu dan diberi air secukupnya.

Setelah itu diaduk hingga menjadi adonan namun tetap cair. Proses selanjutnya adonan cair kue serabi mumplu ini dimasak dalam suatu tempat khusus terbuat dari tanah liat menggunakan api kayu bakar.

Baca Juga: Herrie Setiawan Senang Bergabung di Persib Karena Mudah Pulang Kampung ke Cirebon

Meski demikian ketika memasak kue serabi mumplu juga dapat divariasi misalnya memberi tambahan air gula merah di atas gunungan kue serabi mumplunya.

Halaman:

Editor: Parama Ghaly


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X