Desa Ujungjaya, Sukaratu, dan Citali Jadi Percontohan Digitalisasi UKM

- 8 Agustus 2020, 06:50 WIB
SOSIALISASI program digitalisasi UKM berbasis pedesaan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid-19.*/TAUFIK ROCHMAN/KABAR PRIANGAN
SOSIALISASI program digitalisasi UKM berbasis pedesaan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid-19.*/TAUFIK ROCHMAN/KABAR PRIANGAN /

ZONA PRIANGAN - Dalam upaya meningkatkan Usaha Kecil dan Mikro (UKM) masyarakat pedesaan di era new normal, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang, kini mencoba untuk mengembangkan digitalisasi UKM berbasis pedesaan.

Program tersebut dimaksudkan agar perekonomian masyarakat di pedesaan ke depannya dapat kembali menggeliat, walaupun di masa pandemi Covid-19.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kab. Sumedang Endah Kusyaman, melalui Kepala Seksi Usaha Ekonomi Masyarakat pada Bidang Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Nurhayat, usai kegiatan sosialisasi Program Digitalisasi UKM Berbasis Pedesaan, di Aula Rapat DPMD Sumedang, Jumat 7 Agustus 2020.

Baca Juga: Investasi yang Menguntungkan, Harga Emas Naik Lagi

Menurut Nurhayat, model keberlanjutan UKM pada era new normal ini, merupakan salah satu upaya pemerintah dalam rangka mensiasati usaha masyarakat desa di tengah pandemi.

"Dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti ini, segala aktivitas masyarakat kan harus mengikuti protokol kesehatan. Begitu pun dengan aktivitas ekonominya," kata Nurhayat.

Namun dengan diluncurkannya sistem UKM berbasis aplikasi ini, masyarakat akan bisa tetap mengembangkan usahanya tanpa harus banyak bersentuhan langsung atau kontak erat.

Baca Juga: Pemirsa Bisa Adu Akting dengan Pemain Sinetron Samudra Cinta

Sebagai langkah awal, lanjut Nurhayat, model usaha baru berkelanjutan ini, akan diuji coba dulu di tiga desa yang memiliki kategori berbeda.

Halaman:

Editor: Parama Ghaly


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x