Ada 4 Jenis Polycystic Ovarian Syndrome, Yuk Cari Tahu Penyebab dan Perawatannya

- 14 September 2021, 06:57 WIB
Ada 4 jenis Polycystic Ovarian Syndrome, cari tahu penyebab dan perawatannya.
Ada 4 jenis Polycystic Ovarian Syndrome, cari tahu penyebab dan perawatannya. /NDTV.COM/

ZONA PRIANGAN - Sindrom polycystic ovarian syndrome (PCOS) telah menjadi masalah umum di kalangan wanita dalam beberapa tahun terakhir.

PCOS disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon reproduksi. Ini dapat menyebabkan pembentukan kista kecil di salah satu atau kedua ovarium dan juga menyebabkan komplikasi selama kehamilan.

Menurut ahli gizi Pooja Makhija, 1 dari setiap 5 wanita terkena penyakit ini. Namun sebelum mencari pengobatan, Anda harus yakin dengan jenis PCOS yang Anda derita. Pooja, dalam sebuah video Instagram @poojamakhija, menghadirkan 4 kategori PCOS. Dia juga menyebutkan cara merawatnya.

Baca Juga: Penguin Mungkin Adalah Alien setelah Para Ilmuwan Menemukan Bahan Kimia dari Venus pada Kotorannya

Berikut ini empat jenis PCOS yang berhasil dirangkum oleh ZonaPriangan.com dari NDTV.

1. PCOS resistensi insulin

Menurut ahli gizi, itu terjadi pada 70 persen kasus. Ketika sel menjadi mati rasa akibat efek insulin, suatu kondisi yang disebut insulinoma muncul yang menyebabkan PCOS jenis ini. Kenaikan berat badan, mengidam gula dan kelelahan adalah beberapa gejalanya.

Olahraga dan gerakan teratur sangat membantu untuk mengatasi hal ini. Hindari makanan tinggi gula dan pilih diet seimbang. Kurangi stres dan tidur nyenyak untuk mengatur kadar insulin. Lalu, sejumlah suplemen seperti magnesium, kromium, NAC dan inositol dapat membantu.

Baca Juga: Via Vallen dan Happy Asmara Rebutan Hak Asuh Azzah, Happy Rela Nyawer Rp2 Juta, Via Janji Penuhi Kebutuhannya

Halaman:

Editor: Yurri Erfansyah

Sumber: NDTV, Instagram @poojamakhija


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X