Berburu Durian Lokal Lezat di Sindangwangi Kabupaten Majalengka

- 14 Januari 2022, 18:10 WIB
penggemar durian bisa berburu durian lokal dan durian “perwira” , durian khas Sindangwangi.
penggemar durian bisa berburu durian lokal dan durian “perwira” , durian khas Sindangwangi. /Zonapriangan.com/ Rachmat Iskandar ZP

ZONA PRIANGAN - Musim durian di Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka sudah hampir mencapai puncak musim. Bagi penggemar durian bisa berburu durian lokal dan durian “perwira” , durian khas Sindangwangi.

Pedagang durian saat ini tidak hanya menjajakan kios-kios permanen namun sudah banyak yang dijual bakulan di sepanjang jalan mulai Desa Lengkong Kulon hingga Buah Kapas, yang dijajakan oleh ibu-ibu hingga kakek-kakek.

Dipedagang bakulanpun, konsumen bisa membeli eceran seperti halnya di kios-kios durian,  dengan harga yang berpariasi. Mulai Rp 40.000 hingga Rp 100.000 untuk durian berukuran besar seperti monthong tailan dan monthong bawor. Hanya di beberapa kios konsumen juga bisa membeli durian kupas yang sudah dikemas dalam pak plastik dengan dua ukuran. Ukuran kecil dijual seharga Rp 30.000 dan ukuran besar seberat kurang lebih 1 kg dijual seharga Rp 50.000 per pak.

Baca Juga: Rocky Gerung: Selalu Ada Dorongan Oligarki Bertahan Lama, Megawati Menolak Perpanjangan Masa Jabatan Presiden

Iin seorang pedagang durian mengungkapkan, harga durian tahun ini tetap mahal walaupun di puncak musim. Alasanya musim tahun ini pembuahannya kurang serta didera musim penghujan. Sehingga ketika buah mulai menua dan menjelang matang, malah muncul daun muda.

Kondisi ini tidak hanya mengakibatkan pembuahan yang kurang baik namun juga berdampak pada rasa durian.

“Durian perwira sekarang pembuahannya minim. Makanya dijual kiloan dengan harga Rp 70.000 per kg.” ungkap Iin.

Baca Juga: Refly Harun: Bola Panas Hubungan Megawati dan Jokowi Adalah Penunjukan Siapa yang Menjadi Calon Presiden 2024

Keunggulan durian perwira menurutnya adalah, rasanya lebih legit dan ketika benar-benar matang sedikit berasa beralkohol, daging cukup tebal bahkan cenderung berbiji kecil atau lebih banyak daging. Warna durian kekuningan.

Halaman:

Editor: Yudhi Prasetiyo


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network