Berikut Ini 9 Kesalahan Umum dalam Mengolah Ayam, Nomor Tiga Dapat Menyebarkan Bakteri

- 5 Juli 2022, 05:02 WIB
Berikut ini adalah kesalahan umum yang sebagian besar dilakukan oleh orang-orang ketika memasak ayam.
Berikut ini adalah kesalahan umum yang sebagian besar dilakukan oleh orang-orang ketika memasak ayam. /Unsplash.com/Marek Mucha

ZONA PRIANGAN - Ketika memasak ayam, banyak dari kita yang tidak bisa melakukannya dengan benar. Hasilnya, olahan ayam menjadi kering, kenyal dan bahkan kurang matang atau terlalu matang. Tentunya timbul rasa kecewa. Jika Anda tengah mencari cara untuk mengolah ayam dengan benar, ada baiknya baca artikel ini hingga selesai.

Berikut ini ada 9 kesalahan yang umum dilakukan oleh orang-orang ketika memasak ayam yang berhasil dirangkum oleh ZonaPriangan.com dari NDTV. Inilah saatnya untuk memperbaiki semua kesalahan.

1. Membeli daging pra-beku
Ayam basah ternyata 'juicy' saat dimasak. Ayam mentah dalam keadaan beku sering kehilangan kadar airnya dan memberi kita hidangan yang kering, yang tidak disukai oleh siapa pun. Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) merekomendasikan untuk memilih ayam dengan label 'fresh' alias segar dan tidak beku atau sebelumnya beku.

Baca Juga: Adele Menjeda Konser di London Guna Membantu Fans yang Terjepit di Depan Panggung

2. Pilih potongan daging yang ada tulangnya
Bagi yang belum berpengalaman, potongan ayam dengan tulang ayam seperti bagian paha memiliki kandungan lemak yang tinggi, yang meleleh saat dimasak, untuk mengunci kelembapan pada ayam sekaligus memberi rasa yang lebih gurih.

Jadi jangan membuang tulangnya dan cobalah untuk memilih potogan ayam yang ada tulangnya dan bukan potongan daging tanpa tulang.

3. Mencuci ayam
Mencuci ayam sebelum dimasak sepertinya merupakan praktik kebersihan yang praktis. USDA, bagaimana pun memiliki pendapat yang berbeda untuk masalah ini. Sebuah laporan USDA menyatakan bahwa mencuci daging unggah mentah sebelum dimasak tidak dianjurkan karena bakteri di dalam daging mentah dapat menyebar ke makanan, peralatan dan permukaan lainnya.

Baca Juga: Tom Cruise Melakukan Adegan Berbahaya Bergelantungan di Atas Pesawat untuk Film Mission: Impossible 7

Ini disebut kontaminasi silang. Hasil studi observasi USDA menunjukkan betapa mudahnya bakteri menyebar ketika permukaan tidak dibersihkan dan disanitasi secara efektif setelah mencuci unggas. Membilas atau merendam ayam tidak menghancurkan bakteri. Hanya dengan cara dimasak dapat menghancurkan bakteri yang mungkin dijumpai pada ayam segar.

Halaman:

Editor: Didih Hudaya ZP

Sumber: NDTV


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x