Mencegah Infeksi PAM: Tips dan Trik Aman Beraktivitas di Air

- 29 Desember 2022, 16:00 WIB
Penyelidik dari Texas Commission on Environmental Quality hadir di lokasi kejadian di Danau Jackson untuk melakukan pengambilan sampel air setelah amuba pemakan otak terdeteksi dalam pasokan air di Danau Jackson, Texas, AS, 26 September 2020.
Penyelidik dari Texas Commission on Environmental Quality hadir di lokasi kejadian di Danau Jackson untuk melakukan pengambilan sampel air setelah amuba pemakan otak terdeteksi dalam pasokan air di Danau Jackson, Texas, AS, 26 September 2020. /Texas Commission on Environmental Quality/Handout via REUTERS

ZONA PRIANGAN - Naegleria fowleri adalah jenis amuba yang dapat menyebabkan infeksi yang jarang dan parah pada otak yang disebut meningoensefalitis amuba primer (PAM).

Infeksi ini biasanya fatal dan dapat terjadi ketika air yang mengandung amuba masuk ke hidung dan menyusup hingga ke otak. Amuba ini biasanya ditemukan di air tawar yang hangat seperti danau, sungai, dan sumber panas, serta juga dapat ditemukan di tanah.

Gejala PAM termasuk sakit kepala, demam, mual, muntah, dan leher kaku. Gejala ini dapat muncul antara satu hingga tujuh hari setelah terpapar amuba. Saat infeksi berkembang, gejala dapat termasuk kejang, koma, dan kematian.

Baca Juga: 6 Cara Menghindari Kulit Keriput, Nomor Tiga Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh dan Sirkulasi

PAM sangat jarang, hanya ada kurang dari 200 kasus yang dilaporkan di seluruh dunia. PAM paling sering ditemukan di Amerika Serikat bagian selatan dan barat daya, tetapi juga telah dilaporkan kasus tersebut di bagian lain dunia.

PAM paling sering terkait dengan aktivitas yang mengakibatkan air masuk ke hidung, seperti diving atau olahraga air. PAM juga dapat terjadi ketika air yang tercemar tidak sengaja dihirup saat mandi, mencuci wajah, atau melakukan irigasi nasal.

Risiko PAM umumnya rendah, tetapi dapat meningkat di area dengan air yang hangat dan tersumbat serta di area dengan sejarah kasus PAM. 

Baca Juga: Tips Menurunkan Berat Badan, Metabolisme yang Bagus Lebih Cepat Membakar Kalori

Untuk mencegah PAM, penting untuk menghindari aktivitas yang dapat menyebabkan air masuk ke hidung, seperti diving atau olahraga air, serta menghindari aktivitas air di air yang hangat dan tersumbat.

Halaman:

Editor: Toni Irawan

Sumber: Indian Express


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah