Hasil Penelitian Terbaru Hubungan Antara Kopi dengan Risiko Penyakit Jantung

- 27 Maret 2023, 06:01 WIB
Kopi adalah salah satu minuman yang paling umum di dunia. Di AS, dua pertiga orang Amerika minum kopi setiap hari, lebih banyak daripada air minum kemasan, teh, atau air keran.
Kopi adalah salah satu minuman yang paling umum di dunia. Di AS, dua pertiga orang Amerika minum kopi setiap hari, lebih banyak daripada air minum kemasan, teh, atau air keran. /Unsplash.com/Nathan Dumlao

ZONA PRIANGAN - Para pencinta kopi - dan dokter mereka - telah lama bertanya-tanya apakah sentakan kopi dapat mempengaruhi jantung.

Penelitian terbaru yang diterbitkan pada hari Rabu menemukan bahwa minum kopi berkafein tidak secara signifikan mempengaruhi salah satu jenis cegukan jantung yang dapat terasa seperti detak jantung yang tidak beraturan.

Namun, penelitian ini menandakan adanya sedikit peningkatan pada jenis detak jantung yang tidak teratur pada orang yang minum lebih dari satu cangkir per hari.

Baca Juga: Manfaat Luar Biasa dari Bubuk Kelor, Inilah 6 Cara Menambahkannya ke Dalam Menu Harian Anda

Dan ditemukan bahwa orang cenderung lebih banyak berjalan dan kurang tidur pada hari-hari mereka minum kopi.

Kopi adalah salah satu minuman yang paling umum di dunia. Di AS, dua pertiga orang Amerika minum kopi setiap hari, lebih banyak daripada air minum kemasan, teh, atau air keran, menurut National Coffee Association, sebuah kelompok perdagangan.

Kopi mengandung kafein, stimulan, yang secara luas dianggap aman untuk orang dewasa yang sehat dengan kadar sekitar 400 miligram per hari, atau kira-kira setara dengan empat atau lima cangkir yang diseduh di rumah.

Baca Juga: Pfizer akan Meluncurkan Vaksin RSV untuk Lansia dan Wanita Hamil di AS dan Eropa pada Akhir Tahun Ini

Kopi telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan dan bahkan risiko kematian yang lebih rendah, berdasarkan penelitian besar yang mengamati perilaku partisipan.

Halaman:

Editor: Toni Irawan

Sumber: AP News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah