Bangkitkan Kesadaran dan Terapkan Pola Hidup Sehat untuk Cegah Penyakit Kanker dengan Deteksi Dini

- 5 Februari 2023, 23:07 WIB

ZONA PRIANGAN - Penyakit yang paling mematikan di dunia salah satunya adalah penyakit kanker, masyarakat disayangkan masih kurang kesadarannya akan penyakit ini, karenanya tindakan preventif masih sangat rendah dari masyarakat.

Sebuah organisasi bergengsi Union for International Cancer Control (UICC) pada tahun 2000, berinisiasi untuk mencetuskan World Cancer Day yang diperingati setiap 4 Februari setiap tahunnya.

World Cancer Day yang diperingati setiap tahun ini bertujuan untuk membangkitkan semangat para penderita kanker, menimbulkan kesadaran yang lebih tinggi mengenai kanker dan menghimpun dukungan dari masyarakat luas kepada pengidap dan penyitas kanker. 

Salah seorang Lung Cancer Survivor, Dwina Saptarika, dalam talkshow peringatan World Cancer Day secara khusus membagikan pengalamannya tentang perjalanan dan keajaiban dalam perjuangannya melawan kanker sekaligus tetap menebarkan energi positif kepada sesama dengan menjadi instruktur yoga. 

"Saya memberanikan untuk memeriksakan diri lebih lanjut dan kemoterapi lebih awal membantu saya untuk mengatur gaya hidup yang lebih sehat dan tentunya lebih positif. Dukungan dari sesama teman survivor dan orang terdekat pun sangat berarti untuk memotivasi saya agar sembuh," katanya saat acara talkshow World Cancer Day bertema “Better Choice for a Better You” di The Trans Luxury Hotel Bandung, Sabtu 4 Februari 2023.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat,
dr. Ryan Bayusantika Ristandi, Sp.PK., MMRS mengatakan bahwa pada saat ini masyarakat Indonesia belum terlalu aware dengan kanker dan bagaimana cara mendeteksinya secara dini.

"Hal ini disebabkan oleh banyaknya ketakutan untuk memeriksakan diri. Padahal dengan deteksi dini, kemungkinan untuk survive akan jauh lebih tinggi," paparnya.

Lebih lanjut dr. Ryan menjelaskan, saat ini, pemerintah pun telah memfasilitasi masyarakat untuk bisa mendeteksi kanker secara dini melalui vaksin dan pemeriksaan awal di fasilitas kesehatan terdekat. 

Director of Marketing and Communication
The Trans Luxury Hotel Bandung, Anggia Elgana, menjelaskan talkshow World Cancer Day bertema “Better Choice for a Better You” diharapkan menjadi langkah nyata untuk terus menyuarakan awareness mengenai kanker sehingga timbul pemahaman yang lebih dalam untuk masyarakat tentang penyakit kanker dan penyebabnya serta membantu menciptakan lingkungan yang ramah untuk penderita kanker.

"Yuk, mari kita mulai kebiasaan hidup yang lebih sehat dengan menjauhkan diri dari asap rokok dan alkohol, memakan makanan bergizi seimbang, istirahat dan olah raga yang cukup juga menekan stress level dengan melakukan berbagai hal positif yang membahagiakan," ungkapnya.

Anggia pun mengingatkan masyarakat untuk terus mendukung mereka para pengidap dan penyintas kanker yang ada disekitarnya.

"Saya ingatkan untuk tidak lupa dan terus mendukung pengidap dan penyitas kanker di sekitar kita dengan selalu berempati, salah satunya dengan tidak memberikan social judgment," pungkasnya.***

Images Lainnya

Terpopuler

Kabar Daerah

x