Siap Hadapi Resesi 2023, IWAPI Kota Bandung Periode 2022-2027 Dikukuhkan

- 23 Februari 2023, 08:40 WIB

ZONA PRIANGAN - Bagi para pengusaha perempuan khususnya mereka yang tergabung dalam Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), bergabung di organisasi merupakan wadah bagi mereka untuk mendapatkan jejaring baru. Dengan masuk IWAPI, para anggota bisa berkolaborasi sehingga bisa sukses bersama.

Seperti dikatakan Ketua DPC IWAPI Kota Bandung yang baru dikukuhkan, Rosinda Ratna SE, IWAPI Kota Bandung memiliki beberapa program kerja yang mendorong perempuan untuk sukses bersama.

"Kita memiliki beberapa program kerja seperti rekrutmen, pembinaan dan pelatihan bagi para anggota," ujarnya seusai Pengukuhan Ketua dan Pengurus DPC IWAPI Kota Bandung periode tahun 2022-2027 di gedung Kadin Kota Bandung, Jalan Talaga Bodas, Selasa 7 Februari 2023 lalu.

Rosinda menjelaskan, para anggota IWAPI didorong untuk maju bersama melalui berbagai kegiatan seperti seminar untuk menambah ilmu pegetahuan dalam berbisnis.

"Syarat masuk anggota IWAPI tentunya harus perempuan ya, dan harus memiliki usaha minimal berjalan 1 tahun. Di IWAPI semua pengusaha perempuan boleh masuk, mulai dari yang skala masih kecil maupun yang sudah besar," paparnya.

Menurut Rosinda, saat ini anggota IWAPI DPC Kota Bandung sudah mencapai 50 orang dengan bidang usaha yang bervariasi.

Sementara itu Ketua DPD IWAPI Jawa Barat Dr. Hj. Masrura Ram idjal SE MBA MSc, mengatakan, saat ini Indonesia dan dunia dihadapkan pada ancaman resesi atau kemerosotan ekonomi 2023.

"Dengan adanya isu resesi, banyak pengusaha yang khawatir akan menurunnya daya beli masyarakat hingga menyebabkan kemunduran para pelaku usaha," katanya.

Tapi, jelas Masrura, isu resesi 2023 janganlah terlalu dijadikan kekhawatiran yang berlebihan oleh para pengusaha. Berdasarkan pengalamannya, wanita pengusaha lebih kuat dalam menghadapi gejolak perekonomian di Indonesia.

"Pengalaman kami, perempuan pengusaha ini lebih siap dan kuat. Saya tak bilang anti resesi, tapi bisa survive," tambahnya.

Masrura pun mencontohkan, para pengusaha wanita mampu bertahan saat ada pandemi Covid-19. Mereka mampu mempertahankan usahanya dengan berbagai cara seperti beralih ke bidang lain.

"Saat ini, di DPD Jabar memiliki 26 DPC Kabupaten dan Kota. Untuk tahun lalu, DPC IWAPI Kuningan terpilih sebagai yang terbaik di tingkat nasional," pungkasnya.***

Images Lainnya

Terpopuler

Kabar Daerah

x