Hadir di Bandung GrabCar for Women, Taksi Online Pertama Dirancang Khusus untuk Perempuan

- 9 Maret 2023, 07:57 WIB

ZONA PRIANGAN - Pertama kalinya Grab resmi memperkenalkan GrabCar for Women bersamaan dengan momentum Hari Perempuan Internasional, dimana layanan transportasi online ini dirancang khusus untuk perempuan yang beroperasi di wilayah Bandung.

Khusus untuk mitra pengemudi GrabCar for Women agar dipastikan keamanan dan kenyamanan bagi penumpangnya, harus memiliki rekam jejak positif, lulus tes psikologi, dan dibekali dengan pelatihan khusus etika dan tata krama. Selain itu, serangkaian pemeriksaan juga diterapkan untuk meninjau kebersihan mitra dan armada, termasuk bebas bau rokok maupun bau tak sedap lainnya.

Director of West Indonesia, Grab Indonesia, Richard Aditya, mengatakan, pihaknya menyadari bahwa perempuan memiliki kebutuhan dan preferensi tersendiri, termasuk untuk transportasi online. Hal ini lah yang melandasi mereka untuk menghadirkan layanan GrabCar for Women dengan berbagai parameter tambahan yang secara khusus mempertimbangkan keinginan perempuan akan taksi online yang dapat diandalkan, seperti psikotes bagi mitra pengemudi hingga kriteria ketat untuk mitra dan kendaraannya.

"Kami berharap layanan ini dapat menjadi solusi transportasi yang memahami betul tuntutan dan kebutuhan perempuan untuk merasa lebih tenang dan nyaman selama di perjalanan," katanya, Rabu 8 Maret 2023.

Dengan profil singkat yang tersedia di dalam armada, mitra pengemudi GrabCar for Women merupakan mitra terpilih yang telah memiliki sertifikasi pelayanan prima dan lulus psikotes dari Dirsa Consulting, salah satu lembaga psikologi terkemuka. Ragam edukasi dan pelatihan tambahan wajib pun juga diberikan khusus bagi mitra pengemudi GrabCar for Women guna menambah wawasan mitra akan cara melayani penumpang perempuan dengan baik dan tepat.

Chief Executive Officer Dirsa Consulting, Samsul R. Apriansah, menjelaskan, bahwa psikotes yang dilakukan untuk layanan GrabCar for Women merupakan salah satu langkah pencegahan untuk menganalisa kepribadian dan karakteristik para calon mitra pengemudi.

"Kami menganalisa kecenderungan mitra pengemudi untuk melakukan tindak kekerasan seksual, perilaku menyimpang, maupun tindakan kriminal lainnya. Metode tes MMPI (Minnesota Multiphasic Personality Inventory) pun digunakan untuk mendapatkan hasil tes yang tepat dan akurat," katanya.

Kenyamanan ekstra bagi penumpang pun dihadirkan, dengan melarang mitra pengemudi GrabCar for Women tidak merokok tembakau maupun rokok elektrik. Mitra juga diwajibkan melakukan pengecekan mobil minimal 1x per minggu untuk memastikan mobil tetap terjaga dalam keadaan bersih serta dibekali dengan parfum khusus untuk mitra dan mobilnya agar wangi dan bebas bau tak sedap. Checkpoint khusus juga tersedia di kantor Grab Bandung untuk pengecekan komprehensif secara rutin.

Salah seorang mitra pengemudi GrabCar for Women, Andreas, mengatakan, merasa senang terpilih menjadi salah satu mitra pengemudi untuk layanan GrabCar for Women di Bandung.

"Saat mendaftar, banyak pisan tes yang dilakukan, mulai dari tes psikologi sampai tes pake alat khusus untuk mengecek apakah saya merokok. Ada kebanggaan tersendiri bagi saya bisa bergabung jadi mitra GrabCar for Women karena berarti pelayanan saya kepada konsumen selama ini baik dan mobil saya dinilai rapi, bersih, dan wangi," ungkapnya.

Saat ini, layanan GrabCar for Women memiliki lebih dari 350 armada untuk berbagai tipe mobil serta tersedia di 7 Kecamatan di Bandung dengan jumlah armada dan cakupan area yang akan terus bertambah:

- Kecamatan Coblong: Jl. Cihampelas, Jl. Surapati, Jl. Dago,

-Kecamatan Bandung Wetan: Jl. Mangga, Jl. Riau, termasuk Balubur Town Square (Baltos),

- Kecamatan Sukajadi: Jl. Sukajadi (PVJ) sampai Jl. Setrasari, termasuk RSUP dr. Hasan Sadikin (RSHS),

- Kecamatan Sumur Bandung: Jl. Asia Afrika, Jl. Aceh, Jl. Kosambi, Jl. Veteran, termasuk Bandung Electronic Center (BEC),

- Kecamatan Lengkong: Jl. Lengkong, Jl. Pelajar Pejuang,

- Kecamatan Regol: Jl. Badan Keamanan Rakyat (BKR), Jl. Pungkur, Tegalega,

- Kecamatan Cicendo: termasuk Stasiun Bandung dan Paskal Hyper Square.***

Images Lainnya

Terpopuler

Kabar Daerah

x