1.230 Pemudik Diberangkatkan Biofarma Group dalam Gelaran Mudik Gratis Bersama BUMN 2023

- 26 April 2023, 21:16 WIB

ZONA PRIANGAN - Melalui program Mudik Dinanti, Mudik di Hati Bersama BUMN 2023, Biofarma Group dengan Bio Farma sebagai induk serta anak usaha, Kimia Farma melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) memberangkatkan 1.230 pemudik.

Tiga lokasi diajdikan tempat pelepasan keberangkatan pemudik diantaranya dari Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) 18 April 2023, di Kantor Pusat Kimia Farma di Jalan Veteran No.9 Jakarta Pusat 18 April 2023 serta di Bio Farma Jalan Pasteur No.28 Kota Bandung 19 April 2023.

Menteri BUMN, Erick Thohir hadir di Stadion Utama GBK untuk melepas keberangkatan para pemudik bersama Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, Wakil Menteri BUMN I, Pahala Nugraha Mansury serta Direksi BUMN. Turut hadir melepas para pemudik di GBK dari Biofarma Group, Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir dan Direktur Utama Kimia Farma, David Utama.

Dalam sambutannya, Menteri BUMN, Erick Thohir menyampaikan bahwa Mudik bersama BUMN ini merupakan bukti bahwa BUMN peduli kepada kebutuhan masyarakat. 

"Adanya program Mudik bersama BUMN merupakan salah satu wujud nyata bahwa pemerintah, khususnya BUMN hadir untuk masyarakat selaras dengan arahan Presiden. Pemerintah terus hadir untuk masyarakat, kami mendorong seluruh BUMN bekerja keras mendukung kelancaran mudik bersama BUMN. Tahun ini ada sebanyak 78 ribu pemudik yang diberangkatkan melalui moda transportasi bus, kapal maupun kereta apu. Kepada para pemudik, tetap jaga kesehatan dan keselamatan hingga sampai tujuan," ujar Erick Thohir.

Direktur Utama Holding BUMN Farmasi, Honesti Basyir menyampaikan bahwa Biofarma Group secara rutin setiap tahunnya mengadakan kegiatan mudik gratis bersama BUMN. “Hari Raya Idul Fitri merupakan momen berkumpul bersama keluarga di kampung halaman, Biofarma Group ingin menjadi bagian dalam kebahagiaan yang dirasakan oleh para pemudik dengan menyediakan transportasi yang aman dan nyaman, membekali dengan vitamin dan perbekalan makanan yang dapat dinikmati saat berbuka puasa di perjalanan. Melalui mudik gratis bersama Biofarma Group ini dapat membantu dan memudahkan para pemudik dalam merayakan Idul Fitri bersama keluarga tercinta di kampung halaman," papar Honesti.

Dalam sambutannya saat melepas keberangkatan pemudik di Kantor Pusat Kimia Farma, Direktur Utama Kimia Farma, David Utama yang disampaikan melalui Direktur SDM, Dharma Syahputra menyampaikan, sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan, Kimia Farma mengadakan mudik bersama untuk karyawan maupun masyarakat umum sejak tahun 2017. Semoga kontribusi Kimia Farma melalui kegiatan ini dapat bermanfaat bagi karyawan dan masyarakat.

Sehari setelah pelepasan pemudik di GBK Jakarta, Bio Farma melaksanakan flag off sebanyak 15 Bus di Jalan Pasteur, Kota Bandung yang dihadiri dan dilepas oleh PLH Walikota Bandung Ema Sumarna serta Direktur Human Capital Bio Farma, Endang Suraningsih dan Direktur Operasi Bio Farma, Rahman Roestan.

Direktur Human Capital Bio Farma, Endang Suraningsih menyampaikan bahwa sebagai bentuk kepedulian Bio Farma, melalui program TJSL mengadakan kegiatan mudik bersama Bio Farma.

"Mudik gratis bersama Bio Farma merupakan realisasi dari program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) dan juga menjalankan program Kementerian BUMN yaitu Mudik Di Hati, Mudik Dinanti Bersama BUMN 2023 yang didedikasikan dari bentuk kepedulian bagi masyarakat Bandung dan sekitarnya, yang tentu sudah sangat menanti untuk bisa mudik di tahun ini. Kami berharap semoga tahun yang akan datang, kami bisa terus hadir memberikan kebahagiaan bagi para pemudik yang akan bersilaturahmi bersama keluarga yang ada di kampung halaman masing-masing," ujarnya.

Sementara itu, PLH Walikota Bandung, Ema Sumarna menyampaikan rasa syukurnya warga Bandung dapat mengikuti program mudik dari Bio Farma. "Pemerintah Kota Bandung tentunya sangat bersyukur, karna Bio Farma selalu menjadi bagian yang sangat strategis untuk terlibat dalam pembangunan Kota Bandung diantaranya hari ini, memberikan daya dukung pelayanan kemasyarakatan yang ingin melaksanakan mudik," katanya.

Lebih lanjut Ema menjelaskan, tentunya sangat membantu bagi warga masyarakat, terutama masyarakat yang ada yang kelas bawah untuk bisa melaksanakan mudik dengan nyaman, aman dan tiba dengan selamat sampai tujuan. "Karena kami melihat dari berbagai fasilitas yang diberikan yaitu terutama pada kendaraan yang nyaman, kemudian juga ada daya dukung dari fasilitas lainnya seperti perbekalan vitamin, makanan lainnya," ungkapnya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan dari Kementerian BUMN RI dan sinergi BUMN, yang bertujuan untuk memberikan kemudahan akses bagi masyarakat yang akan mudik menuju kampung halaman dengan aman dan nyaman. Program mudik gratis tersebut diadakan rutin setiap tahun sebagai bentuk kepedulian sosial dan membantu masyarakat untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri 1444 H dengan menyediakan moda transportasi mudik gratis.

Bio Farma memberangkatkan sebanyak 750 pemudik menggunakan 15 Bus dengan dua tujuan yaitu Bandung-Yogyakarta (jalur selatan) dengan rute Majenang-Wangon-Gombong-Kebumen-Purworejo-Terminal Giwangan-Yogyakarta dan tujuan Bandung-Wonogiri (jalur utara) dengan rute Brebes-Tegal-Pemalang-Pekalong-Batang-Kendal-Semarang-Ungaran-Salatiga-Boyolali-Solo-Sukoharjo-Terminal Giri Adipura-Wonogiri.

Sementara Kimia Farma memberangkatkan 480 pemudik menggunakan 10 bus dengan tujuan Padang, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya dan Malang. Sehingga total Biofarma Group memberangkatkan 25 bus yang membawa 1230 pemudik.***

Images Lainnya

Terpopuler

Kabar Daerah

x