Korea Utara Meluncurkan Rudal Jelajah Jarak Jauh Jenis Baru Melengkapi Persenjataan yang Terus Bertambah

- 13 September 2021, 21:40 WIB
Media pemerintah Korea Utara hari Senin mengumumkan bahwa mereka telah berhasil melakukan uji coba rudal jelajah jarak jauh baru.
Media pemerintah Korea Utara hari Senin mengumumkan bahwa mereka telah berhasil melakukan uji coba rudal jelajah jarak jauh baru. /UPI/EPA-EFE/KCNA

ZONA PRIANGAN - Korea Utara berhasil meluncurkan jenis baru rudal jelajah jarak jauh selama akhir pekan, media pemerintah melaporkan pada hari Senin, ketika negara rahasia itu terus mengembangkan program senjatanya di tengah negosiasi yang terhenti dengan Amerika Serikat.

Rudal jelajah melincur selama lebih dari dua jam dalam pola oval dan angka-8 saat menempuh jarak 932 mil, Kantor Berita Pusat Korea melaporkan. Jarak tersebut menempatkan Jepang dalam jangkauan hulu ledak konvensional atau nuklir.

Peluncuran itu dilakukan pada Sabtu dan Minggu, kata KCNA dan menandai uji coba senjata pertama yang diketahui telah dilakukan Korea Utara sejak Maret, ketika negara itu menembakkan sepasang rudal balistik jarak pendek.

Baca Juga: Korea Utara Diskors oleh IOC Tidak Dapat Berpartisipasi di Olimpiade Beijing 2022

Militer AS mengatakan bahwa mereka mengetahui laporan tes dan sedang memantau situasi dengan sekutu Korea Selatan dan Jepang.

“Kegiatan ini menyoroti fokus berkelanjutan DPRK pada pengembangan program militernya dan ancaman yang ditimbulkan terhadap tetangganya dan komunitas internasional,” kata Komando Indo-Pasifik AS yang berbasis di Hawaii dalam sebuah pernyataan.

DPRK atau Republik Rakyat Demokratik Korea adalah nama resmi Korea Utara.

Rudal baru itu adalah "senjata strategis yang sangat penting," yang telah dikembangkan selama dua tahun sebagai "target utama" dari rencana untuk meningkatkan kemampuan militer negara itu, kata KCNA.

Baca Juga: Fokus Terhadap Taliban dan ISIS-K, Amerika Serikat Terkejut Korea Utara Aktifkan Kembali Reaktor Nuklir

Halaman:

Editor: Didih Hudaya ZP

Sumber: UPI.com


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X