Ribuan Warga Afghanistan Mati-Matian Berusaha untuk Pergi Terlihat di Perbatasan Pakistan Lewat Gambar Satelit

- 14 September 2021, 22:38 WIB
Ribuan Warga Afghanistan Mati-Matian Berusaha untuk Pergi Terlihat di Perbatasan Pakistan Lewat Gambar Satelit.
Ribuan Warga Afghanistan Mati-Matian Berusaha untuk Pergi Terlihat di Perbatasan Pakistan Lewat Gambar Satelit. /Maxar Technologies/

ZONA PRIANGAN - Sementara gambar warga Afghanistan yang putus asa mencoba melarikan diri dari negara mereka dari bandara Internasional Kabul telah mendominasi berita, sedikit yang diketahui tentang situasi darat di perbatasan Afghanistan dengan Pakistan, Iran, Uzbekistan dan Tajikistan.

Dikutip dari NDTV, gambar satelit eksklusif itu menunjukkan ribuan orang terdampar di perbatasan Afghanistan dengan Pakistan pada minggu lalu, mati-matian berusaha untuk pergi.

Gambar-gambar tersebut berfokus pada situasi darat di perbatasan Chaman di Spin Boldak antara Afghanistan dan Pakistan, dan dengan jelas menunjukkan desakan putus asa untuk meninggalkan negara itu.

Baca Juga: Pemimpin Milisi Dijatuhi Hukuman 53 Tahun Terkait Pengeboman Masjid di Minnesota

Selain Spin Boldak, penyeberangan perbatasan utama Afghanistan adalah Shir Khan di perbatasan dengan Tajikistan, Islam Qala di perbatasan dengan Iran dan Torkham di perbatasan dengan Pakistan.

Perbatasan Chaman di Spin Boldak memiliki salah satu penyeberangan tersibuk antara Afghanistan dan Pakistan.

Lalu lintas dari Afghanistan telah melonjak selama beberapa minggu terakhir ketika keluarga dengan tas, barang-barang dan anak-anak, telah meninggalkan rumah mereka di Kabul dan kota-kota lain, menunggu di kamp darurat untuk menunggu giliran untuk menyeberang.

Baca Juga: Kourtney Kardashian dan Travis Barker Membuat Debut Karpet Merah di MTV VMA 2021

Gambar yang direkam pada 6 September 2021 menunjukkan kerumunan besar kurang dari seminggu yang lalu di situs ini, di sisi Afghanistan. Sementara Pakistan, baru-baru ini telah menutup pos perbatasan di Chaman.

Halaman:

Editor: Yurri Erfansyah

Sumber: NDTV


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X