Pemerintah Meksiko Menggugat Produsen Senjata AS, Ini Alasannya

- 25 November 2021, 14:03 WIB
PemerintMeksiko menggugat produsen senjata AS.
PemerintMeksiko menggugat produsen senjata AS. /Reuters

ZONA PRIANGAN - Produsen senjata AS meminta pengadilan Massachusetts untuk membatalkan gugatan yang diajukan pemerintah Meksiko terhadap mereka atas dugaan kelalaian dan praktik komersial ilegal yang menyebabkan senjata mereka masuk ke Meksiko dan mendorong kekerasan di negara itu.

Pemerintah Meksiko mengajukan gugatan pada Agustus. Kementerian Luar Negeri mengatakan bahwa pada 2019, setidaknya 17.000 pembunuhan terkait dengan senjata yang diperdagangkan. Pejabat negara itu memperkirakan bahwa 70 persen senjata yang diperdagangkan ke Meksiko berasal dari AS

Dalam gugatan itu, pemerintah mengatakan bahwa perusahaan tidak hanya tahu bahwa praktik mereka berkontribusi pada perdagangan senjata di Meksiko, tetapi juga memfasilitasinya. Mereka menuntut kompensasi dan perubahan kebijakan dari perusahaan.

Baca Juga: Mengharukan, Pidato Pilot sebelum Penerbangan Terakhir yang Menyentak Hati, Membuat Penumpang Merasa Terhormat

Gugatan itu diajukan terhadap pembuat senjata besar termasuk Beretta USA Corp., Smith & Wesson, Colt's Manufacturing, Glock Inc. dan Sturm, Ruger & Co. Gugatan itu juga mencakup Interstate Arms, pedagang grosir wilayah Boston yang menjual senjata dari sebagian besar dari mereka. produsen ke dealer di seluruh negeri.

Produsen senjata Beretta berpendapat bahwa pemerintah Meksiko tidak memiliki bukti yang menghubungkan penjualan mereka di Massachusetts dengan kejahatan yang disebutkan dalam gugatan tersebut.

Mereka juga berpendapat bahwa pengadilan Massachusetts tidak memiliki yurisdiksi, karena Beretta berbasis di Maryland dan kerugian yang dijelaskan dalam gugatan itu terjadi di Meksiko.

Baca Juga: 'Ikatan Cinta' Kamis 25 November 2021: Bicara Santun Al Menghunjam Telak di Hati Irvan, Rendy Iba pada Jessica

"Penggugat tidak menuduh bahwa para penjahat di Meksiko menggunakan, menerima, atau membeli senjata api yang dijual Beretta di Massachusetts," demikian bunyi pernyataan perusahaan, dikutip ZonaPriangan.com dari Associated Press, Rabu, 24 November 2021.

Halaman:

Editor: Didih Hudaya ZP

Sumber: AP


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X