Penjara AS di New Mexico Dikunci Setelah Potensi Serangan Ransomware

- 14 Januari 2022, 14:01 WIB
Penjara AS di New Mexico dikunci setelah potensi serangan Ransomware.
Penjara AS di New Mexico dikunci setelah potensi serangan Ransomware. /Pixabay.com/ИльяБантос

ZONA PRIANGAN - Serangan ransomware telah menyebabkan penjara AS terkunci, melumpuhkan sistem kamera keamanan dan membiarkan narapidana terkurung di sel mereka, dokumen pengadilan menunjukkan.

Penyerang dunia maya meretas sistem komputer yang mengontrol server dan akses internet di penjara di Bernalillo County, New Mexico pada pekan lalu.

Untuk waktu yang singkat, sistem pintu otomatis penjara dimatikan, yang berarti staf di Metropolitan Detention Center (MDC) harus membuka kunci setiap sel secara manual ketika para tahanan perlu keluar untuk berolahraga atau sekadar menghirup udara segar.

Baca Juga: 'Ikatan Cinta' Jumat 14 Januari 2022: Rendy Semakin Nekat dan Berani Irvan Lenyapkan Iqbal dan Bukti Sekaligus

"Kurangnya jangkauan kamera ... menciptakan masalah keamanan yang signifikan untuk keselamatan staf dan narapidana selama di luar sel," kata pengajuan pengadilan dari 6 Januari, dikutip ZonaPriangan.com dari AFP, Kamis 13 Januari 2022.

"Ini berarti narapidana, bahkan narapidana pada populasi umum, untuk sementara dibatasi di sel mereka," tambahnya.

"Para narapidana masih akan dikeluarkan dari sel mereka untuk perawatan medis, tetapi mereka tidak akan menerima 'time-out' yang tidak terstruktur," ujarnya.

Baca Juga: Ratu Inggris Mencopot Gelar Militer Pangeran Andrew demi Marwah Kerajaan di tengah Kasus Pelecehan Seksual

Penjara itu hanyalah salah satu fasilitas yang terkena serangan cyber, yang juga melumpuhkan layanan di Bernalillo, wilayah terpadat di New Mexico.

Halaman:

Editor: Didih Hudaya ZP

Sumber: AFP


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network