Terungkap, Biden Menyelipkan $500 Juta untuk Membantu Ukraina Membangun Lebih Banyak Kendaraan Listrik

- 4 Juni 2022, 15:58 WIB
Biden menguji Ford F-150 Lightning truck listrik baru saat ia mengunjungi fasilitas VDAB Ford di Dearborn, Michigan, AS, 18 Mei.
Biden menguji Ford F-150 Lightning truck listrik baru saat ia mengunjungi fasilitas VDAB Ford di Dearborn, Michigan, AS, 18 Mei. /Dailymail/REUTERS

ZONA PRIANGAN - Presiden AS Joe Biden telah menyelipkan $500 juta lagi untuk mendanai produksi mineral yang digunakan untuk membuat baterai untuk mobil listrik ke dalam RUU bantuan Ukraina yang disahkan oleh Kongres.

Baik Biden maupun pemimpin Ukraina telah mengatakan bahwa paket bantuan darurat senilai $40 miliar sangat penting untuk perang Ukraina melawan Rusia.

Tetapi yang terselip dalam paket itu bukan hanya bantuan militer tetapi setengah miliar dolar yang akan dialokasikan berdasarkan Undang-Undang Produksi Pertahanan kepada perusahaan-perusahaan yang memperoleh mineral baterai penting seperti nikel, kobalt, lithium dan grafit, Bloomberg pertama kali mencatat.

Baca Juga: Vladimir Putin Kehabisan Pasukan dan Peralatan Militer Saat Invasi ke Ukraina Mencapai 100 Hari

Itu di luar $750 juta yang diberikan Departemen Pertahanan (DOD) kepada perusahaan pertambangan pada bulan Maret ketika Biden pertama kali menggunakan Undang-Undang Produksi Pertahanan untuk mineral penting.

Dana tersebut juga membangun $7 miliar dalam pendanaan federal dari tagihan infrastruktur bipartisan tahun lalu bahwa perusahaan sekarang berlomba-lomba untuk membiayai pemurnian, manufaktur dan daur ulang baterai kendaraan listrik, tulis Dailymail, 3 Juni 2022.

Presiden Biden telah menyisihkan $500 juta lagi untuk mendanai produksi mineral yang digunakan untuk membuat baterai untuk mobil listrik ke dalam RUU bantuan Ukraina yang disahkan oleh Kongres./
Presiden Biden telah menyisihkan $500 juta lagi untuk mendanai produksi mineral yang digunakan untuk membuat baterai untuk mobil listrik ke dalam RUU bantuan Ukraina yang disahkan oleh Kongres./ Dailymail/Chris Kleponis/CNP/startacksphoto.com

Tagihan bantuan Ukraina senilai $40 miliar termasuk $20 miliar untuk mendanai transfer langsung sistem persenjataan canggih ke Ukraina, $8 miliar untuk dukungan ekonomi umum, $5 miliar untuk mengatasi kekurangan pangan di seluruh dunia dan lebih dari $1 miliar untuk mendukung pengungsi, selain $500 juta untuk produksi mineral. RUU itu lolos 86 banding 11 di Senat.

Baca Juga: Mempercepat Elektrifikasi, Wuling EV Diperkenalkan Sekaligus Diumumkan Jadi Kendaraan Resmi KTT G20

Halaman:

Editor: Didih Hudaya ZP

Sumber: Dailymail.co.uk


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x