Ketegangan Tetap Tinggi di Semenanjung Korea, AS Mengerahkan 6 Jet Tempur Siluman F-35 ke Korea Selatan

- 6 Juli 2022, 08:00 WIB
Sebuah pesawat tempur F-35A Lightning II terlihat selama penempatan di Korea Selatan pada hari Selasa. Angkatan Udara AS mengirim enam pesawat tempur siluman F-35 ke Korea Selatan dari Pangkalan Angkatan Udara Eielson di Alaska pada hari Selasa.
Sebuah pesawat tempur F-35A Lightning II terlihat selama penempatan di Korea Selatan pada hari Selasa. Angkatan Udara AS mengirim enam pesawat tempur siluman F-35 ke Korea Selatan dari Pangkalan Angkatan Udara Eielson di Alaska pada hari Selasa. /UPI/Akeem K. Campbell/U.S. Air Force

ZONA PRIANGAN - Angkatan Udara Amerika Serikat telah mengerahkan enam jet tempur siluman F-35A ke Korea Selatan untuk melakukan latihan bersama untuk pertama kalinya dalam lima tahun, kedua negara mengatakan Selasa dalam pertunjukan kekuatan militer baru di Semenanjung Korea yang semakin tegang.

Jet-jet Amerika itu tiba pada Selasa dari Pangkalan Angkatan Udara Eielson di Alaska, kata Pasukan AS Korea dalam sebuah pernyataan. Mereka akan beroperasi dalam misi pelatihan gabungan gabungan selama 10 hari di atas Korea Selatan dan perairan sekitarnya di lepas pantai.

"Pembiasaan dan penerbangan pelatihan rutin akan meningkatkan interoperabilitas kedua Angkatan Udara untuk tampil dan beroperasi di dan sekitar Semenanjung Korea," kata Pasukan AS-Korea, seperti dikutip ZonaPriangan dari UPI.com, 5 Juli 2022.

Baca Juga: Di PBB, China dan Rusia Menentang Tindakan terhadap Korea Utara Soal Rudal

Korea Selatan akan menerbangkan berbagai pesawat dalam misi pelatihan, termasuk jet F-35A sendiri, Pasukan AS Korea menambahkan. Seoul telah membeli 40 jet generasi kelima yang diproduksi Lockheed Martin dan memiliki rencana untuk membeli 20 lagi selama beberapa tahun ke depan.

“Pengerahan ini untuk menunjukkan pencegahan yang kuat dan postur pertahanan gabungan dari aliansi Korea Selatan-AS, sambil meningkatkan interoperabilitas antara Angkatan Udara Korea Selatan dan AS,” kata kementerian pertahanan Seoul dalam pesan teks kepada wartawan.

Kedatangan pesawat tempur F-35A menandai penyebaran jet pertama yang diketahui ke Semenanjung Korea untuk latihan sejak Desember 2017, pada puncak ketegangan nuklir dengan Korea Utara.

Baca Juga: 'Ikatan Cinta' Rabu 6 Juli 2022: Sal Tampak Baik di Rumah tapi di Kantor Keluarga Alfahri Mulai Mengintervensi

Seoul dan Washington telah mengurangi latihan bersama mereka dalam beberapa tahun terakhir selama periode keterlibatan dengan Pyongyang di bawah pemerintahan Presiden AS Donald Trump dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in.

Halaman:

Editor: Didih Hudaya ZP

Sumber: UPI.com


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x