Menlu China Menyebut Kunjungan Pelosi ke Taiwan sebagai Tindakan Tak Bertanggung Jawab dan Sangat Tak Rasional

- 5 Agustus 2022, 07:22 WIB
Sebuah peta menunjukkan lokasi di mana Tentara PLA akan melakukan latihan militer, termasuk latihan tembakan langsung terlihat di laporan surat kabar tentang kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan, di sebuah kios koran di Beijing, China 3 Agustus 2022.
Sebuah peta menunjukkan lokasi di mana Tentara PLA akan melakukan latihan militer, termasuk latihan tembakan langsung terlihat di laporan surat kabar tentang kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan, di sebuah kios koran di Beijing, China 3 Agustus 2022. /REUTERS/Tingshu Wang

ZONA PRIANGAN - Menteri Luar Negeri China Wang Yi menyebut kunjungan Pelosi ke Taiwan sebagai tindakan tidak bertanggung jawab dan sangat tidak rasional" oleh Amerika Serikat, lapor penyiar CCTV China.

Wang, berbicara pada pertemuan para menteri luar negeri Asia Tenggara di Phnom Penh, Kamboja, mengatakan China telah melakukan upaya diplomatik sepenuhnya untuk mencegah krisis, tetapi tidak akan pernah membiarkan kepentingan intinya dilukai.

Para menteri luar negeri dalam sebuah pernyataan sebelumnya telah memperingatkan bahwa volatilitas yang disebabkan oleh ketegangan di Selat Taiwan dapat menyebabkan "salah perhitungan, konfrontasi serius, konflik terbuka, dan konsekuensi tak terduga di antara negara-negara besar".

Baca Juga: China Menembakkan Beberapa Rudal di Sekitar Taiwan setelah Kunjungan Pelosi ke Pulau Itu

Tidak seperti biasanya, China melakukan latihan di enam wilayah di sekitar Taiwan diumumkan dengan peta pelacak yang diedarkan oleh kantor berita resmi China Xinhua awal pekan ini - sebuah faktor yang bagi beberapa analis dan cendekiawan menunjukkan perlunya dimainkan baik oleh penonton domestik maupun asing.

Pada hari Kamis, delapan item trending teratas di layanan Weibo seperti Twitter China terkait dengan Taiwan, dengan sebagian besar menyatakan dukungan untuk latihan atau kemarahan pada Pelosi, tulis Reuters, 4 Agustus 2022.

"Mari kita bersatu kembali tanah air," tulis beberapa pengguna.

Baca Juga: Taiwan Meningkatkan Kesiapan Tempur untuk Provokasi China atas Kunjungan Nancy Pelosi

Di Beijing, keamanan di daerah sekitar Kedutaan Besar AS tetap dijaga sangat ketat pada hari Kamis seperti yang terjadi sepanjang minggu ini. Tidak ada tanda-tanda protes signifikan atau seruan untuk memboikot produk AS.

Halaman:

Editor: Didih Hudaya ZP

Sumber: Reuters


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x