Jepang Layak Murka karena 5 Rudal China Telah Mendarat di Zona Ekonomi Eksklusif Negara Matahari Terbit Itu

- 5 Agustus 2022, 13:45 WIB
Menteri Pertahanan Jepang Nobuo Kishi berbicara pada sesi pleno kedua Dialog Shangri-La ke-19 di Singapura 11 Juni 2022.
Menteri Pertahanan Jepang Nobuo Kishi berbicara pada sesi pleno kedua Dialog Shangri-La ke-19 di Singapura 11 Juni 2022. /REUTERS/Caroline Chia

ZONA PRIANGAN - Lima rudal balistik yang ditembakkan oleh China tampaknya telah mendarat di zona ekonomi eksklusif (ZEE) Jepang, kata menteri pertahanan Jepang Nobuo Kishi pada hari Kamis, bagian dari latihan militer yang diluncurkan oleh China pada hari sebelumnya.

Latihan tersebut, yang terbesar China di Selat Taiwan, dimulai sesuai jadwal pada tengah hari dan termasuk penembakan langsung di perairan utara, selatan dan timur Taiwan, membawa ketegangan di daerah itu ke level tertinggi dalam seperempat abad.

"Memiliki lima rudal China jatuh di ZEE Jepang seperti ini adalah yang pertama," kata Kishi kepada wartawan.

Baca Juga: Rusia Terus Gencar Melakukan Serangan di Ukraina Timur, Serangan Baru Dilancarkan dari Belarusia

"Kami telah memprotes keras melalui saluran diplomatik," jelas Nobuo Kishi, seperti dikutip ZonaPriangan dari Reuters, 4 Agustus 2022.

Zona itu membentang 200 mil laut dari batas luar laut teritorial Jepang dan rudal Korea Utara telah jatuh di bagian lain ZEE Jepang di masa lalu, termasuk beberapa dalam serangkaian peluncuran awal tahun ini.

Baca Juga: Hadiahkan Al Fatihah untuk Diri Sendiri, Ini Cara Mengamalkannya dan Rasakan Manfaat serta Keutamaannya

Latihan itu dilakukan dua hari setelah Ketua DPR AS Nancy Pelosi mengunjungi Taiwan, pejabat tertinggi AS yang berkunjung dalam 25 tahun.

Hal itu dilakukan hanya beberapa jam setelah China mengatakan pertemuan yang direncanakan antara menteri luar negerinya dan Jepang telah dibatalkan karena ketidaksenangan China dengan Pernyataan G7 mendesak Beijing untuk menyelesaikan ketegangan Taiwan secara damai.***

Editor: Didih Hudaya ZP

Sumber: Reuters


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x