Minggu ke-23 Perang, Serangan HIMARS Tentara Ukraina Melemahkan Kekuatan Pasukan Vladinir Putin

- 5 Agustus 2022, 20:07 WIB
Api yang membakar kereta api Rusia memicu ledakan cukup keras di Kherson, Ukraina.*
Api yang membakar kereta api Rusia memicu ledakan cukup keras di Kherson, Ukraina.* /Ukrainian Intelligence Main Directorate/

ZONA PRIANGAN - Memasuki minggu ke-23 perang, tentara Ukraina berhasil melemahkan kekuatan pasukan Vladimir Putin dengan menghancurkan gudang amunisi dan meledakan jalur pasokan.

Kemenangan pejuang Kiev dengan membebaskan puluhan kota tidak terlepas dari penggunaan senjata HIMARS yang dipasok Amerika Serikat.

Walau begitu, Ukraina mulai kehilangan wilayah di front timur, saat pasukan Kremlin berupaya mengendalikan Donetsk.

Baca Juga: Perilaku Konyol Lagi, Bermaksud Menghindari HIMARS Pasukan Vladimir Putin Meledakkan Kereta Api Rusia

Tentara Ukraina saat ini konsentrasi untuk membebaskan Kherson dengan mengisolasi pasukan Kremlin. Tiga jembatan di atas Sungai Dnieper sudah dihancurkan membuat tentara Rusia makin terkurung.

Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Inggris mengatakan serangan balasan Kherson "mengumpulkan momentum" setelah sistem artileri roket HIMARS yang dioperasikan Ukraina menghantam tiga jembatan pasokan yang dikendalikan Moskow.

Komando Selatan Ukraina mengatakan telah merusak jembatan kereta api di atas Sungai Dnieper, membuat pergerakan barang Rusia menjadi tidak mungkin.

Baca Juga: Tentara Cantik Rusia Tewas Terkena Roket Ukraina di Donetsk, Vladimir Putin Beri Penghargaan Gelar Pahlawan

Serangan ini telah membahayakan kemampuan Rusia untuk memasok posisi depan di selatan, dan staf umum Ukraina telah melaporkan bahwa pasukan Rusia sedang mencoba untuk memperbaiki jembatan yang rusak.

Halaman:

Editor: Parama Ghaly

Sumber: Aljazeera


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x