Iran Mengakui Menjual Drone Kamikaze ke Rusia tapi Sebelum Perang, Kiev Menuduh Teheran Berbohong

- 9 November 2022, 22:02 WIB
Drone Iran yang digunakan Rusia untuk menyerang Ukraina.
Drone Iran yang digunakan Rusia untuk menyerang Ukraina. /Reuters/

ZONA PRIANGAN - Iran akhirnya mengakui menjual drone Kamikaze yang digunakan Rusia untuk menyerang Kiev dan sejumlah kota di Ukraina.

Namun, Teheran menjelaskan penjualan itu dilakukan sebelum terjadi perang di Ukraina. Drone yang dijual pun dalam jumlah terbatas.

Sementara itu, Ukraina menuduh Teheran berbohong tentang pasokan senjatanya ke Moskow. Kiev pun memiliki bukti bangkai drone Iran yang ditembak jatuh.

Baca Juga: Tentara Ukraina Belum Menyerbu, Kirill Stremousov Pejabat Rusia di Kherson Sudah Tewas Misterius

Laporan lain menyebutkan, pejabat tinggi keamanan Iran Ali Shamkhani telah bertemu dengan Nikolai Patrushev, Sekretaris Dewan Keamanan Rusia, di Teheran.

Dalam kesempatan tersebut, Ali Shamkhani mengungkapkan, Iran ingin berperan dalam mengakhir konflik Rusia-Ukraina, tulis Aljazeera.

“Iran menyambut dan mendukung setiap inisiatif yang akan mengarah pada gencatan senjata dan perdamaian antara Rusia dan Ukraina berdasarkan dialog," kata Ali Shamkhani.

Baca Juga: HIMARS Ukraina Membunuh Pendeta Rusia, Kematian Mikhail Vasiliev Sudah Dikonfirmasi Gerejawi Moskow

"Teheran siap memainkan peran untuk mengakhiri perang,” kata Shamkhani, sekretaris Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran, seperti dikutip oleh media terkait pemerintah Iran.

Halaman:

Editor: Parama Ghaly

Sumber: Aljazeera


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x