Kekebalan Terhadap Covid-19 Bisa Hilang Dalam Sebulan

- 14 Juli 2020, 07:50 WIB
HILANGNYA kekebalan terhadap Covid-19 memiliki implikasi dalam mengembangkan sebuah vaksin.*/PIXABAY /

ZONA PRIANGAN – Orang yang telah sembuh dari Covid-19 akan hilang imunitasnya terhadap penyakit ini dalam waktu sebulan, menurut riset yang menunjukkan virus ini bisa menginfeksi orang setiap tahun, seperti penyakit flu biasa.

Dalam sebuah studi, para ilmuwan menganalisis respons kekebalan pada lebih dari 90 pasien dan pekerja medis di rumah sakit Guy dan St Thomas di Inggris, dan menemukan level antibodi yang bisa menghancurkan virus ini meningkat sekitar tiga minggu setelah serangan, dan kemudian menurun.

Tes darah membuktikan bahwa 60% orang menyusun respons potensi antibodi menaik saat pertempuran dengan virus ini, dan hanya 17% menahan potensi yang sama tiga bulan kemudian.

Baca Juga: Kembalikan Tugas Pengawasan Ketenagakerjaan ke Kabupaten/Kota

Level antibodi turun sebesar 23 kali lipat pada periode ini. Dalam beberapa kasus, menjadi tak terdeteksi.

“Orang-orang bisa menghasilkan respons antibodi yang pantas terhadap virus, namun menyusut setelah periode waktu yang pendek dan tergantung pada bagaimana puncaknya.

"Ini menunjukan berapa lama antibodi tersebut tetap di sekitarnya,” ujar Dr Katie Doores, peneliti studi ini di King’s College London, seperti diberitakan The Guardians, belum lama ini.

Baca Juga: Ada Kasus Baru Covid-19, Sepeda Santai Batal, Warga Cipanas Pasang Kincir Angin

Studi ini memiliki implikasi untuk mengembangkan sebuah vaksin, dan untuk pencarian “kekebalan kelompok” dalam komunitas tersebut setelah lewat waktu.

Halaman:

Editor: Parama Ghaly


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X