Skandal Korupsi Mengguncang Ukraina, 11 Anggota Pemerintahan Zelensky Mengundurkan Diri atau Dipecat

- 25 Januari 2023, 07:16 WIB
Setidaknya 11 anggota pemerintahan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengundurkan diri, atau dipecat minggu ini di tengah pemberantasan korupsi.
Setidaknya 11 anggota pemerintahan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengundurkan diri, atau dipecat minggu ini di tengah pemberantasan korupsi. /Ukrainian President Press Office/File Photo

ZONA PRIANGAN - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memulai perombakan pemerintahannya pada Selasa setelah pemerintah diguncang oleh skandal korupsi yang membuat wakil kepala kantornya dan setidaknya 10 pejabat lainnya berhenti.

Pejabat paling senior yang pergi adalah Kyrylo Tymoshenko, yang mengawasi kebijakan regional dan bekerja pada kampanye pemilihan Zelensky. Dia diikuti oleh enam wakil menteri dan lima gubernur daerah, penghubung kabinet Zelensky memberi tahu parlemen.

Tymoshenko, yang menjadi subjek cerita di pers Ukraina yang dituduh menjalani gaya hidup mewah yang mencakup akses ke mobil sport mewah, membantah melakukan kesalahan.

Baca Juga: Ibu Negara Ukraina Olena Zelenska Mengecam AS atas Penolakan Memberlakukan Zona Larangan Terbang

Dalam 11 bulan sejak invasi Rusia ke Ukraina, Tymoshenko menjadi wajah tidak resmi dari upaya perang Ukraina, sering muncul di televisi sebagai juru bicara, lapor Paul Godfrey untuk UPI.com 24 Januari 2023.

Wakil Menteri Pertahanan Vyacheslav Shapovalov berhenti setelah tuduhan muncul bahwa dia telah memimpin pembelian makanan untuk militer dengan harga yang dinaikkan. Departemen pertahanan mengatakan itu adalah "kesalahan teknis" dan tidak ada uang yang berpindah tangan.

Shapovalov berhenti setelah situs berita Ukraina menerbitkan penyelidikan atas masalah tersebut pada hari Senin.

Baca Juga: Hadiahkan Al Fatihah untuk Diri Sendiri, Ini Cara Mengamalkannya dan Rasakan Manfaat serta Keutamaannya

Bosnya, Menteri Pertahanan Oleksii Reznikov, berusaha mengecilkan berita tersebut, menuduh telah terjadi kekacauan karena kesalahan teknis oleh kontraktor pengadaan.

Halaman:

Editor: Didih Hudaya ZP

Sumber: UPI.com


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x