Donald Trump : Sejauh Menyangkut TikTok, Kami Melarang Mereka di Amerika Serikat

- 1 Agustus 2020, 13:06 WIB
Presiden AS Donald Trump mengatakan pada hari Jumat bahwa ia akan melarang aplikasi media sosial TikTok yang tumbuh cepat di Amerika Serikat karena pihak berwenang Amerika telah meningkatkan kekhawatiran bahwa layanan tersebut dapat menjadi alat bagi intelijen Tiongkok.*/NDTV.COM /

ZONA PRIANGAN-Presiden Donald Trump mengatakan pada Jumat bahwa ia akan melarang aplikasi media sosial TikTok yang tumbuh cepat di Amerika Serikat karena pihak berwenang Amerika telah meningkatkan kekhawatiran bahwa layanan tersebut dapat menjadi alat bagi intelijen Tiongkok.

Pejabat AS dan anggota parlemen dalam beberapa pekan terakhir telah menyuarakan kekhawatiran platform video yang sangat populer digunakan oleh Beijing untuk tujuan jahat, tetapi perusahaan itu telah membantah ada hubungan dengan pemerintah Cina.

Laporan media yang beredar Jumat pagi mengatakan bahwa Trump akan mengharuskan operasi aplikasi AS divestasi dari perusahaan induk Cina ByteDance, tetapi presiden mengumumkan larangan.

Baca Juga: Jepang Akan Melarang TikTok dan Aplikasi Cina Lainnya

"Sejauh menyangkut TikTok, kami melarang mereka di Amerika Serikat," kata Presiden Amerika Serikat Donald Trump saat berbicara kepada wartawan di Air Force One, seperti dikutip laman NDTV.

Trump akan mengambil tindakan secepatnya pada Sabtu, menggunakan kekuatan ekonomi darurat atau perintah eksekutif.

Langkah Trump datang menyusul review oleh Komite Investasi Asing (CFIUS) di Amerika Serikat, yang menyelidiki kesepakatan yang mempengaruhi keamanan nasional AS.

Baca Juga: Ini Video TikTok yang Viral Lihat Singapura dari Belakang Rumah, Terlihat Bangunan Marina Bay Sands

TikTok, terutama yang populer di kalangan pemirsa muda yang membuat dan menonton video pendeknya, diperkirakan memiliki satu miliar pengguna di seluruh dunia.

Halaman:

Editor: Didih Hudaya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X