Vietnam Mengirim Kapal untuk Melacak Kapal Cina yang Berpatroli di Ladang Gas Rusia di ZEE

- 28 Maret 2023, 00:10 WIB
Sebuah kapal Penjaga Pantai Cina tampak di dekat Pulau Thitu yang diduduki Filipina, di Kepulauan Spratly yang disengketakan, Laut Cina Selatan, 9 Maret 2023.
Sebuah kapal Penjaga Pantai Cina tampak di dekat Pulau Thitu yang diduduki Filipina, di Kepulauan Spratly yang disengketakan, Laut Cina Selatan, 9 Maret 2023. /REUTERS/Eloisa Lopez/File Photo

ZONA PRIANGAN - Sebuah kapal Vietnam memantau sebuah kapal Penjaga Pantai Cina pada hari Sabtu di sebuah ladang gas yang dioperasikan Rusia di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Laut Cina Selatan Vietnam, data menunjukkan - patroli Cina terbaru dalam sebuah pola yang berlangsung lebih dari satu tahun.

Kapal-kapal penjaga pantai Cina telah berlayar langsung ke blok eksplorasi energi yang dioperasikan atau dimiliki oleh perusahaan-perusahaan Rusia di ZEE Vietnam sekitar 40 kali sejak Januari 2022, demikian menurut data pelacakan kapal dari organisasi penelitian Vietnam South China Sea Chronicle Initiative (SCSCI), sebuah lembaga nirlaba independen.

Cina menganggap wilayah tersebut sebagai bagian dari klaim teritorialnya yang luas di Laut Cina Selatan yang ditandai dengan "sembilan garis putus-putus", sebuah batas yang menurut Pengadilan Arbitrase Permanen pada tahun 2016 tidak memiliki dasar hukum.

Baca Juga: Pemogokan Besar-besaran Terkait Gaji Melumpuhkan Transportasi Massal dan Bandara di Jerman

Cina telah membangun pulau-pulau buatan dan lapangan terbang di beberapa terumbu karang dan pulau-pulau kecil di laut yang menimbulkan keprihatinan luas di wilayah tersebut dan di Amerika Serikat.

Baik Vietnam maupun Indonesia telah meminta Cina untuk menghindari area-area tersebut di ZEE mereka - meskipun zona-zona tersebut bukan merupakan perairan teritorial dan tidak memiliki batasan berlayar di bawah hukum internasional.

Patroli tersebut mencerminkan aktivitas Pasukan Penjaga Pantai Cina di tempat lain di Laut Cina Selatan, di mana kapal-kapal semacam itu telah digunakan untuk menegaskan klaim teritorial.

Baca Juga: Lithuania akan Menyerukan Sanksi atas Rencana Rusia untuk Mengembangkan Senjata Nuklir di Belarus

Halaman:

Editor: Toni Irawan

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub