Korea Utara Meluncurkan Hulu Ledak Nuklir Baru Saat Kapal Induk AS Tiba di Korea Selatan

- 29 Maret 2023, 00:37 WIB
Sebuah tangkapan layar menunjukkan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un sedang memeriksa hulu ledak nuklir di sebuah lokasi yang dirahasiakan dalam gambar tak bertanggal yang digunakan dalam sebuah video.
Sebuah tangkapan layar menunjukkan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un sedang memeriksa hulu ledak nuklir di sebuah lokasi yang dirahasiakan dalam gambar tak bertanggal yang digunakan dalam sebuah video. /KRT/via Reuters TV/Handout via REUTERS

ZONA PRIANGAN - Korea Utara meluncurkan hulu ledak nuklir baru yang lebih kecil dan bersumpah untuk memproduksi lebih banyak bahan nuklir berkemampuan senjata untuk memperluas persenjataan negara itu, kata media pemerintah KCNA pada hari Selasa.

Peluncuran hulu ledak nuklir terbaru itu bertepatan dengan kedatangan sebuah kapal induk AS di Korea Selatan untuk melakukan latihan militer.

KCNA merilis foto-foto hulu ledak yang dijuluki Hwasan-31, ketika pemimpin Kim Jong Un mengunjungi Institut Senjata Nuklir, di mana ia memeriksa senjata nuklir taktis baru dan teknologi untuk memasang hulu ledak pada rudal balistik, serta rencana operasi serangan balik nuklir.

Baca Juga: Perang Ukraina: Para Analis Memperkirakan Serangan Balasan Ukraina akan Berlangsung selama April hingga Mei

Para ahli mengatakan bahwa gambar-gambar tersebut dapat mengindikasikan kemajuan dalam miniaturisasi hulu ledak yang kuat namun cukup kecil untuk dipasang pada rudal balistik antarbenua yang mampu menyerang AS.

"Ia memiliki sesuatu yang lebih kuat dalam ruang yang lebih kecil. Itu mengkhawatirkan," kata Kune Y. Suh, profesor emeritus teknik nuklir di Seoul National University, membandingkan hulu ledak baru itu dengan versi tahun 2016, dikutip ZonaPriangan.com dari Reuters.

Kim Dong-yup, mantan perwira angkatan laut Korea Selatan yang mengajar di Universitas Kyungnam, mengatakan bahwa hulu ledak itu kemungkinan besar dirancang untuk digunakan setidaknya delapan platform pengiriman yang berbeda yang tercantum dalam poster di dinding, termasuk rudal dan kapal selam.

Baca Juga: Zelenskiy Menuduh Rusia Menyandera Pembangkit Nuklir Zaporizhzhia

Halaman:

Editor: Toni Irawan

Sumber: Reuters


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x