Ular Viper Berkepala Dua Mengejutkan Warga

- 14 Agustus 2020, 17:58 WIB
Viper Rusell berkepala dua ini diselamatkan oleh tim dari negara bagian Maharashtra, India.*/SWNS /

ZONA PRIANGAN – Teridentifikasi sebagai viper Russell, reptil sepanjang 11cm ini telah diamankan dan dipindahkan oleh tim pakar ular, Viper Russell sangatlah mematikan dengan bisanya yang sangat beracun di dunia.

Reptil ini ditemukan di Kalyan distrik Maharashtra, India pada 7 Agustus lalu, dan cukup menghebohkan warga Dimple Shah, penyebab ular ini lahir dengan dua kepala, biasanya karena sifat genetik yang tidak normal.

Seperti diketahui, kasus seperti ini sangat jarang dan ular ini sengaja dibawa ke fasilitas konservasi India untuk penelitian lebih jauh.

Baca Juga: Ditemukan Bangkai Mammoth di Danau Siberia, 10.000 Tahun Setelah Kematiannya

Petugas Dinas Kehutanan India, Susanta Nanda mengatakan ketidaknormalan genetik seperti ini biasanya memiliki angka pertahanan yang rendah di alam liar.

“Viper Russel berkepala dua diselamatkan dari Maharashtram, Viper Russel jauh lebih berbahaya dibanding ular-ular yang sangat berbisa lainnya, karena ini berbahaya, bahkan bila anda bisa bertahan dalam satu gigitan.” katanya.

Jika digigit, korban akan merasakan sakit dan muntah-muntah disertai gagal ginjal dan berujung kematian, Universitas Michigan menjelaskan bahwa ular-ular ini bertanggung jawab pada ribuan kematian setiap tahunnya di negara-negara Asia.

Baca Juga: Selama Dua Hari, Bangkai Penyu Berserakan di Pantai Batukaras

Apa yang membuat spesimen istimewa ini begitu rentan, karena masing-masing kepalanya bisa mengikuti insting yang berbeda saat menangkap mangsa.

Salah seekor yang bernama “Double Dave” pernah ditemukan di AS, ia memiliki dua kepala secara penuh, empat mata, dan dua lidah, yang masing-masing bekerja secara bebas.

Halaman:

Editor: Didih Hudaya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X