Catat! Akibat Pandemi Covid-19, UMKM Perlu Dukungan Korporasi

- 7 Agustus 2020, 01:11 WIB
SERAH terima mesin pemecah kedelai.* /DOK. KBI/

ZONA PRIANGAN - UMKM merupakan sektor yang sangat terpukul dengan adanya wabah Covid-19.

Melihat kondisi tersebut, PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) atau KBI berkomitmen untuk turut mendukung pengembangan Usaha Kecil Menengah dan Koperasi (UMKM), khususnya dalam upaya mitigasi pasca covid-19.

"KBI sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki peran sebagai Agent of Development, khususnya bagi UMKM," kata Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero), Fajar Wibhiyadi dalam keterangan resminya, 6 Agustus 2020.

Baca Juga: Bansos Tunai Gelombang II Sudah Cair, Mensos Hadir di Bandung

Menurut Fajar, program Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani dalam Pengembangan UMKM Pangan Lokal untuk Mitigasi Pasca Covid-19 ini, merupakan kerjasama yang dilakukan antara PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) dengan Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gajah Mada Yogakarta.

"Kegiatan yang dilakukan ini, merupakan kolaborasi antara Program CSR dan kegiatan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) yang ada di PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero)," ujarnya.

Lebih lanjut Fajar mengatakan, dalam Program pengembangan UMKM yang dilakukan di Desa Selopamioro, kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini, KBI dan Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gajah Mada Yogakarta memberdayakan UMKM Kelompok Tani untuk mampu memproduksi pangan lokal, meliputi Produksi jus kemasan, singkong beku, keripik sayuran, serta keripik tempe.

Baca Juga: Bank Indonesia Pastikan Ekonomi Jabar Belum Resesi

"Sebagai Badan Usaha Milik Negara, kedepan KBI akan terus memberikan memberikan dukungan kepada masyarakat, khususnya dalam pengembangan UMKM. Karena sebagai Badan Usaha Milik Negara, tentu peran kami tidak sekedar mencari keuntungan bisnis, namun lebih dari itu, kami juga dituntut untuk turut mengembangkan ekonomi masyarakat," tambahnya

Halaman:

Editor: Yurri Erfansyah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X