Ancaman Megathrust Pesisir Selatan Jawa Sebabkan Tsunami 20 meter, Kemensos Tanam Sejuta Mangrove

- 21 November 2020, 19:09 WIB
Warga membawa bibit tanaman Mangrove untuk ditanam di pantai, di kawasan Greges, Surabaya, Jawa Timur, beberapa waktu lalu. Hadapi Ancaman Megathrust Pesisir Selatan Jawa Sebabkan Tsunami 20 meter, Kemensos Tanam Sejuta Mangrove. /ANTARA FOTO/Didik Suhartono

ZONA PRIANGAN - Satu juta bibit pohon mangrove disiapkan Kementerian Sosial untuk ditanam di lima provinsi yang berada di pesisir selatan Pulau Jawa.

Rencana penanaman bibit pohon mangrove ini adalah bertujuan sebagai upaya mitigasi bencana tsunami di zona megathrust.

"Kami bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, bersama BNPB dan Kopassus sedang mempersiapkan satu juta bibit mangrove untuk ditanam di lima provinsi pesisir selatan pulau Jawa," kata Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kementerian Sosial Safii Nasution dalam keterangan yang diterima di Jakarta, seperti dikutip ZonaPriangan.com dari ANTARA, Sabtu 21 November 2020.

Baca Juga: Hati-Hati, Musim Hujan Mulai Datang, Berikut 5 Tips Berkendara Saat Hujan Bikin Anda Aman dan Nyaman

Baca Juga: SatPolair Polres Indramayu Peringati Hari Mangrove Sedunia

Menurut Safii, bibit-bibit mangrove tersebut rencananya akan ditanam di sekitar wilayah pesisir Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur.

"Kita tidak tahu kapan gempa megathrust yang dapat menyebabkan tsunami akan terjadi, tetapi minimal kita sudah mempersiapkan masyarakat, mempersiapkan alam, agar apabila terjadi, dampak yang ditimbulkan tidak besar," ungkapnya.

Ancaman megathrust, lanjut Safii, berdasarkan kajian para ahli, ini diprediksi dapat menimbulkan tsunami dengan ketinggian gelombang 20 meter di daerah pesisir selatan pulau Jawa.

Baca Juga: Wisata Alam di Majalengka Berpotensi Rusak Lingkungan, Tak Berdampak Pada Perekonomian Warga Sekitar

Halaman:

Editor: Yurri Erfansyah

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X