Mengapa Coppa Italia menjadi Turnamen yang Paling Dinantikan di Italia? Ini Alasannya

- 24 Mei 2023, 14:13 WIB
Copa Italia telah menjadi ajang yang membangkitkan semangat persaingan, menginspirasi pemain, dan menyatukan para penggemar sepak bola Italia.
Copa Italia telah menjadi ajang yang membangkitkan semangat persaingan, menginspirasi pemain, dan menyatukan para penggemar sepak bola Italia. /Reuters

ZONA PRIANGAN - Coppa Italia adalah kompetisi sepak bola piala tunggal yang diadakan setiap tahun di Italia. Turnamen ini melibatkan klub-klub dari berbagai tingkatan liga di negara tersebut. Copa Italia didirikan pada tahun 1922 dan sejak saat itu telah menjadi salah satu turnamen paling bergengsi di Italia.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi sejarah turnamen ini dan melihat daftar juaranya.

Sejarah

Coppa Italia pertama kali diadakan pada musim 1922-1923 dengan tujuan untuk menciptakan kompetisi nasional di Italia. Pada awalnya, hanya klub-klub dari divisi teratas Italia yang berhak mengikuti turnamen ini.

Baca Juga: Liverpool Kokoh di Posisi Kelima Setelah Menang 3-0 atas Leicester City

Namun, seiring berjalannya waktu, peraturan turnamen mengalami perubahan dan klub-klub dari semua tingkatan liga Italia diberi kesempatan untuk berpartisipasi.

Format turnamen Coppa Italia adalah kompetisi sepak bola piala tunggal yang diadakan setiap tahun di Italia. telah berubah seiring berjalannya waktu. Pada awalnya, pertandingan dilakukan dalam satu pertandingan tunggal hingga semifinal.

Namun, sejak musim 1960-1961, pertandingan final dimainkan dalam dua leg. Format ini masih digunakan hingga saat ini.

Baca Juga: Marcel Sabitzer Gagal Tampil di Final Piala FA, Manchester United Terpukul

Daftar Juara Coppa Italia

Berikut adalah daftar klub-klub yang berhasil meraih gelar juara Coppa Italia sejak turnamen ini dimulai:

Halaman:

Editor: Toni Irawan


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x