Cheetah Bukan Lagi Binatang Tercepat di Dunia, Peregrine Falcon Bisa Ngebut 389/Jam Saat Mengejar Mangsanya

- 16 Desember 2022, 21:13 WIB
Alap-alap kawah atau peregrine falcon.*
Alap-alap kawah atau peregrine falcon.* /Pixabay/

ZONA PRIANGAN – Cheetah terkenal karena kecepatannya, tetapi keluarga kucing ini bahkan tidak menyamai binatang tercepat di dunia sesungguhnya.

Seekor burung alap-alap yang menyambar mangsanya mampu mencapai kecepatan lebih dari 300 km/jam, tercatat sebagai hewan tercepat.

Alap-alap kawah (peregrine falcon) merupakan salah satu dari predator paling efisien di Bumi, bahkan tak ada yang menandinginya, seperti dilansir laman Oddity Central.

Baca Juga: Siapa Pemegang Rekor Tercepat di Dunia, Usain Bolt, Cheetah, Elang atau Bersin?

Saat menukik tajam, makhluk mengagumkan ini mampu mencapai kecepatan rata-rata 320 km/jam, tetapi kecepatan tertinggi yang pernah diukur alap-alap kawah ini sebenarnya 389 km/jam.

Dengan kecepatan setinggi itu membuatnya lebih cepat dari kebanyakan mobil komersial, dan tentu saja lebih cepat dari rekor kecepatan cheetah yang memiliki kecepatan 64 mil/jam (103 km/jam).

Bahkan saat terbang pada garis lurus, alap-alap kawah ini memiliki kecepatan yang mengesankan, 40 hingga 55 km/jam saat terbang, dan mencapai 112 km/jam saat mengejar mangsanya.

Baca Juga: Tak Banyak Pohon yang Rindang, Merpati Bisa Berkembang Biak Banyak, Jadi Daya Tarik Jemaah Umrah

Tetapi saat menukik ke bawah merupakan kekuatan sebenarnya, sebuah kecepatan yang akan membahayakan bila dilakukan binatang lainnya.

Halaman:

Editor: Parama Ghaly


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x