Bencana Longsor Cimanggung, Tim SAR Gabungan Lanjutkan Pencarian Korban yang Diduga Masih Tertimbun

- 13 Januari 2021, 11:21 WIB
Tim SAR Gabungan menemukan satu korban lagi, seorang pria dewasa dalam keadaan meninggal dunia, Rabu 13 Januari 2021. /BASARNAS

ZONA PRIANGAN - Sumedang, Rabu 13 Januri 2021 korban dalam pencarian berjumlah 23 orang, setelah Pukul 09.00 WIB Tim SAR Gabungan menemukan satu korban bernama Ahmad Yani (32) dalam keadaan meninggal dunia.

Pukul 07.30 WIB Tim SAR Gabungan melakukan pencarian korban yang tertimbun di sekitar lokasi kejadian dengan membagi menjadi 3 sektor dan 2 shift yaitu SEKTOR 1 Rumah Hajatan (50 Personel), SEKTOR 2 Mesjid An-Nur (50 Personel) dan SEKTOR 3 Lapangan Voli (50 Personel).

Kepala Basarnas Bandung, Deden Ridwansah menyebutkan sistem shift di lakukan untuk menjaga kekuatan personel agar tetap prima dan menjaga agar personel tidak terlalu kelelahan yang dapat menyebabkan kurang maksimalnya pelaksanaan pencarian dan evakuasi korban.

Baca Juga: Lansia Tak Dilupakan, Dapat BLT PKH Rp600 Ribu, Simak Cara Pencairannya Disini

Adapun shift 1 yaitu dari pukul 08.00 WIB s/d 12.00 WIB sedangkan Shift 2 dari pukul 13.00 WIB s/d pukul 17.30 WIB. Data di lapangan hingga kini jumlah korban meninggal dunia sebanyak 17 Orang. korban selamat 25 orang dan korban dalam pencarian sebanyak 23 orang.

Kendala yang paling signifikan ditemukan oleh tim di lapangan yaitu cuaca yang tidak stabil dan curah hujan yang cukup tinggi menyebabkan pergerakan tanah semakin besar yang menyebabkan potensi longsor susulan yang cukup tinggi.

Baca Juga: Januari 2021 Nama Anda Ada di Daftar Penerima BLT UMKM Rp2,4 Juta, Siapkan KTP untuk Pencairan!

Selain itu, material longsor yang cukup tebal menyulitkan tim di lapangan untuk melakukan pencarian, namun begitu Tim SAR Gabungan tetap optimis dan semangat dapat memaksimalkan pekerjaan dan berharap agar korban satu persatu bisa ditemukan walau dalam keadaaan yang terbatas.

Adapun Alut yang digunakan yaitu 2 Unit Alat berat, 2 Unit Alkon, Peralatan Ekstrikasi, Peralatan komunikasi, Peralatan medis dan APD Personal. Hingga saat ini kekuatan personil berjumlah 664 personil yang terdiri dari Basarnas, BPBD Prov Jabar dan Sumedang, PUPR, TNI/POLRI, PMI Prov Jabar, Dinkes Sumedang, Rumah Zakat, Potenis SAR Jawa Barat dan Potensi SAR Jawa Tengah.***

Halaman:

Editor: Didih Hudaya ZP


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X