1.000 Pasukan US Army dengan Senjata Tempur Diterjunkan ke Kalimantan Timur dan Sulawesi Utara

- 3 Agustus 2021, 17:02 WIB
Pasukan US Army dengan senjata tempur sedang mengatur strategi.*
Pasukan US Army dengan senjata tempur sedang mengatur strategi.* /US Army/

ZONA PRIANGAN - Ngeri, pasukan tentara Amerika Serikat (AS) dengan senjata berat bakal melakukan patroli Amborawang, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Tentara dengan seragam US Army itu tidak hanya akan terlihat di Kalimantan Timur, tapi juga bergerak di Sulawesi Utara dan Lampung.

Di Sulawesi Utara, US Army beredar sekitar Makalisung Kombi, Kabupaten Minahasa, sedangkan di Lampung akan beroperasi di Baturaja.

Baca Juga: Sudah 33 Kali Latihan Perang, China Percaya Diri Kalahkan AS dan Inggris, Ahli Militer: PLA Lebih Kuat

Namun pergerakan pasukan dari Negeri Paman Sam di wilayah NKRI itu tidak liar. Mereka justru terlibat dalam Latihan Militer Garuda Shield 2021, dari 4 hingga 14 Agustus 2021.

Latihan yang disponsori oleh US Army Pacific itu, yang melibatkan sekitar 1.000 prajurit US Army dan 850 prajurit TNI AD.

Latihan Militer Garuda Shield 2021 bertujuan meningkatkan kemampuan interoperabilitas gabungan melalui pelatihan dan pertukaran budaya.

Baca Juga: China Mengancam, Inggris Mulai Ciut, HMS Ratu Elizabeth Akhirnya Menjauh dari Kepulauan Spratly dan Paracel

Latihan ini terus memperkuat Kemitraan Pertahanan Utama AS-Indonesia serta mendorong kerja sama dalam mendukung kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Halaman:

Editor: Parama Ghaly


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x