Mini Lab Food Kota Bandung Masuk 15 Inovasi Terbaik Dunia

- 4 Juli 2020, 01:41 WIB
MINI Lab Food Security masuk jajaran 15 besar Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Inovasi di bidang pangan itu kini dilengkapi dengan aplikasi e-wasmut. /Yurri Erfansyah//DOK. HUMAS PEMKOT BANDUNG

ZONA PRIANGAN - Mini Lab Food Security masuk jajaran 15 besar Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Inovasi di bidang pangan itu kini dilengkapi dengan aplikasi e-wasmut.

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menyatakan, inovasi ini sebagai solusi atas kekhawatiran Pemerintah Kota (Pemkot) terhadap kualitas pangan yang dikonsumsi masyarakat Kota Bandung. Tujuannya, agar pangan yang beredar di Kota Bandung terjaga keamanan dan kesehatannya.

“Kami ingin memberikan kepastian rasa aman dan nyaman bagi masyatakat Kota Bandung dalam mengkonsumsi pangan. Karena Bandung bukan kota produsen, tapi kota konsumen. Jadi kami ingin dapat kepastian pangan yang masuk ke Kota Bandung aman,” ucap Oded di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Jumat 3 Juli 2020.

Oded menuturkan, dengan adanya inovasi ini memerhatikan kesehatan dan keamanan bagi masyarakat.

Selain itu juga membuka kesadaran para pedagang di 33 pasar tradisional serta 61 pasar moderen untuk turut menjaga kualitas pangan di Kota Bandung

“Dengan adanya inovasi ini terasa oleh kami pedagang memiliki kesadaran cukup tinggi. Ini yang terpenting peradaban mulai bergerak di Kota Bandung,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar menuturkan, saat ini mini lab food security sudah terdapat di seluruh pasar.

Bahkan sejumlah pasar moderen justru menghadirkan alat pengujian secara mandiri.

Gin Gin mengaku juga memberikan pembinaan dan pendampingan kepada para petugas mini lab di pasar.

Halaman:

Editor: Yurri Erfansyah


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X