2500 Wisatawan Kunjungi wisata Alam Situ Cipanten

- 2 Januari 2023, 16:05 WIB
Objek wisata alam Situ Cipanten Desa Gunung Kuning, Kecamatan Sukahaji, Kabupaten Majalengka.
Objek wisata alam Situ Cipanten Desa Gunung Kuning, Kecamatan Sukahaji, Kabupaten Majalengka. /Zonapriangan.com/Rachmat Iskandar ZP

ZONA PRIANGAN - Musim liburan tahun baru ribuan wisatawan dari berbagai daerah datangi objek wisata alam Situ Cipanten di Desa Gunung Kuning, Kecamatan Sukahaji, Kabupaten Majalengka untuk menikmati kesejukan udara khas pegunungan dengan mata air yang keluar deras dari lubang gunung.

Para pengunjung wiata alam ini tidak hanya berasal dari Majalengka namun juga Cirebon, Indramayu, Sumedang, Kuningan, Bandung dan Jakarta yang kebetulan tengah berlibur di Majalengka. Mereka ada yang menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Kendaraan roda empat yang biasanya bisa diparkir diarea situ, pada Minggu (1/1/2023) hanya kendaraan roda dua yang bisa naik, sedangkan kendaraan roda empat tidak bisa masuk karena tingginya jumlah kunjungan.

Baca Juga: Kaleidoskop 2022: Polres Majalengka Tangani 444 Kasus Pencurian dan Kekerasan

Kepolisian dan pengelola wisata menghentikan kendaraan di perjalanan dan membelokannya ke lapangan sepak bola berarak kurang lebih 1 km menuju lokasi wisata.

Para penumpang kendaraan ditirunkan dan berganti kendaraan menaiki kendaraan bak terbuka atau kendaraan milik kepolisian.

“Ini terpaksa dilakukan karena are parkir sempit, jadi semua pengunjung turn disini semua diangkut oleh kendaraan pengelola,” ungkap seorang petugas.

Demikian saat kepulangan,semua penumpang dipasilitasi sejumlah kendaraan oleh pihak pengelola wisata. Pengunjung diminta membayar tiket masing-masing Rp 10.000 per orang dan parkir kendaraan Rp 15.000.

Baca Juga: Kisah Perempuan jadi Penggali Kubur Sejak Remaja

Di situ yang airnya dikenal sangat bening ini pengunjung bisa menikmati ikan-ikan besar aneka warna, berswafoto di berbagai sudut, menaiki sepeda gantung, berenang atau berfoto di ayunan.

Untuk berfoto diayunan pengunjung hanya naik keayunan kemudian pengelola memotonya, untuk menggunakan ayunan dan difoto pengunjung membayar Rp 10.000. Pengujung juga bisa memberi pakan ikan agar ikan bisa berkumpul.

Situ tersebut juga menyediakan area untuk mandi dan berenang di bagian selatan Situ yang dekat dengan mata air. Pengunjung bisa berenang dan mandi sepuasnya.

Di sana tersedia pelampung  yang bisa disewa di sejumlah pedagang dengan harga sewa Rp 25.000.  Di sana juga tersedia perahu dan beberapa skuter air yang bisa disewa.

Baca Juga: Jelang Libur Nataru Tol Cipali Ramai Lancar

Hanya disaat liburan tahun baru semua pasilitas mengantri hingga harus menunggu berjam-jam, sambil menunggu antrian pengunjung bisa terlebih dulu berjalan-jalan mengelilingi situ atau duduk di bagian Selatan situ yang dipenuhi pepohonan besar, sehingga udaranya lebih ke dingin. Atau jika haus disata tersedia kelapa muda yang harganya mencapai Rp 12.500 per buah.

Kawasan wisata tersebut di bagian Selatan cukup sejuk, selain karena pepohonan besar, lumut hijau di setiap tempat, juga ditanami aneka bunga yang biasa tumbuh disuhu udara dingin serta butuh air yang cukup.

Sayangnya di bagian timur pepohonan ditebangi pemiliknya hingga yang tersisa hanya bebatuan besar yang juka kemarau diduga akan terasa panas. Padahal situ tersebut mengandalkan mata air dan air keluar ketika lahan tetap hutan.

Halaman:

Editor: Yudhi Prasetiyo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x