Misi Baru Elon Musk di Indonesia: Akses Internet Cepat ke 17.000 Pulau

- 20 Mei 2024, 21:12 WIB
Elon Musk berbicara di depan wartawan saat peluncuran layanan internet satelit Starlink di pusat kesehatan masyarakat di Denpasar, Bali, Indonesia pada Minggu, 19 Mei 2024.
Elon Musk berbicara di depan wartawan saat peluncuran layanan internet satelit Starlink di pusat kesehatan masyarakat di Denpasar, Bali, Indonesia pada Minggu, 19 Mei 2024. /AP Photo/Firdia Lisnawati

ZONA PRIANGAN - Elon Musk mengunjungi pulau resor Bali di Indonesia pada hari Minggu untuk meluncurkan layanan internet satelit Starlink di negara kepulauan terbesar di dunia. Dengan mengenakan kemeja Batik hijau, Musk disambut dengan kalungan bunga di sebuah klinik kesehatan di Denpasar, ibu kota provinsi Bali, di mana dia meluncurkan layanan Starlink bersama para menteri Indonesia.

Indonesia, negara kepulauan yang luas dengan 17.000 pulau yang tersebar di tiga zona waktu dan populasi lebih dari 270 juta, telah berupaya selama bertahun-tahun untuk mencapai kesepakatan dengan Tesla milik Musk dalam investasi baterai dan SpaceX milik Musk untuk menyediakan internet cepat bagi wilayah terpencil di negara ini.

Selama upacara tersebut, Musk melakukan uji kecepatan layanan internet Starlink bersama beberapa petugas kesehatan di wilayah terpencil Indonesia, termasuk di Aru, salah satu pulau terluar dan tidak terlayani di provinsi Maluku.

Baca Juga: Tesla Siap Investasi di Indonesia? Ini Rencana Besar Elon Musk untuk Masa Depan EV

"Ini bisa menjadi penyelamat bagi klinik medis terpencil, dan saya pikir ini juga bisa menjadi peluang bagi pendidikan," kata Musk kepada wartawan, dikutip ZonaPriangan.com dari AP.

"Jika Anda dapat mengakses internet, Anda dapat mempelajari apa saja dan Anda juga dapat menjual layanan bisnis Anda ke seluruh dunia. Jadi, saya pikir ini akan sangat bermanfaat," katanya.

Dia juga menandatangani kesepakatan untuk meningkatkan konektivitas di sektor kesehatan dan pendidikan negara tersebut.

Baca Juga: Jeff Bezos Kembali Rebut Gelar Orang Terkaya di Dunia dari Elon Musk

Detail tentang kesepakatan antara pemerintah Indonesia dan SpaceX milik Musk, perusahaan kedirgantaraan yang mengoperasikan layanan Starlink, tidak diungkap ke publik.

Halaman:

Editor: Toni Irawan

Sumber: AP


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah