Monjali Menggambarkan Perjuangan Pahlawan Indonesia dan Menawarkan Turis Merasakan Suasana Perang

- 21 Desember 2022, 07:47 WIB
Pengelola Monumen Jogja Kembali (Monjali) mendekorasi sejumlah sudut untuk turis bisa berfoto dan merasakan suasana perang kemerdekaan Republik Indonesia.*
Pengelola Monumen Jogja Kembali (Monjali) mendekorasi sejumlah sudut untuk turis bisa berfoto dan merasakan suasana perang kemerdekaan Republik Indonesia.* /zonapriangan.com /Parama Ghaly

ZONA PRIANGAN - Monumen Jogja Kembali (Monjali) menjadi salah satu objek wisata di Yogyakarta yang sering menjadi paket study tour pelajar.

Monjali pun cocok untuk turis keluarga yang membawa anak-anaknya untuk mengenalkan perjuangan bangsa Indonesia mengusir penjajah.

Bangunan Monjali yang ikonik dan menarik dibangun pada 29 Juni 1985. Gedungnya berbentuk kerucut dan memiliki tiga lantai. Di area luar, dilengkapi taman dan kolam.

Baca Juga: Legenda Rakyat, Air Terjun Mursala Berasal dari Tangisan Seorang Putri

Pada lantai pertama, turis bisa menikmati museum yang memamerkan sejumlah senjata perang. Ada berbagai jenis pistol dan senapan.

Sedikit menyeramkan, ada helm tentara yang tertembus peluru. Itu bisa menggambarkan bagaimana pengorbanan pahlawan Indonesia.

Untuk mengunjungi lantai 2, turis harus ke luar dulu dari area museum dan mengikuti petunjuk pintu masuk ke ruang diorama.

Baca Juga: Bantimurung, Dipercaya Sebagai Lokasi yang Bisa Melepas Semua Kemurungan, Kok Bisa Ya?

Di lantai 2, ada 10 diorama dan 40 relief yang menceritakan pertempuran dan perundingan untuk mencapai kemerdekaan Republik Indonesia.

Halaman:

Editor: Parama Ghaly


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah