Terowongan Kereta Api di Helensburgh Bercahaya Biru Karena Cacing, Daya Tarik Wisatawan di Australia

- 22 Januari 2023, 21:12 WIB
Cacing berpendar di terowongan Helensburgh.*
Cacing berpendar di terowongan Helensburgh.* /Facebook/

ZONA PRIANGAN – Sebuah kota kecil di Australia, Helensburgh merupakan salah satu tempat paling mengagumkan di planet ini, sebuah terowongan jalan kereta api terbengkalai yang berpendar biru di malam hari.

Terowongan Cacing Berpendar Helensburgh merupakan sebuah terowongan rel kereta api yang tak dipakai di Helensburgh, New South Wales yang menjadi terkenal karena kisah-kisah hantu dan koloni cacing berpendar biru bioluminescent yang ikonik.

Aslinya dikenal sebagai terowongan Metropolitan, lintasan kereta api bawah tanah sepanjang 624 meter yang diresmikan di akhir abad ke-19 dan digunakan untuk mengangkut batu bara dari pertambangan lokal ke kota-kota.

Baca Juga: Ini 5 Jembatan dengan Cerita Horor Menyeramkan, Nomor 2 Jadi Tempat Favorit Bunuh Diri

Namun, ditutup beberapa dekade lalu dan ditinggalkan hingga pertengahan 90-an, waktu yang cukup untuk sebuah koloni cacing-cacing bercahaya untuk menguasainya.

Dibuka pada 1 Januari 1889, terowongan Metropolitan Helensburgh ditinggalkan pengoperasiannya sampai 1915, ketika secara resmi ditutup.

Bertahun-tahun terpapar asap dan jelaga dari batu bara, membuat terowongan tidak aman bagi para kru kereta api dan penumpang untuk dilewati.

Baca Juga: Ini 5 Jembatan Kereta Api yang Ekstrim, Banyak Penumpang yang Berdebar saat Melintasi Jembatan Cikubang

Sehingga lintasan kereta api ini digantikan dan terowongan ini ditinggalkan. Salah satu ujungnya ditutup dan seluruh tempat diubah menjadi penampungan untuk keperluan pertambangan.

Halaman:

Editor: Parama Ghaly

Sumber: Oditty Central


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x