Jelang Idul Adha, Harga Domba Sudah Tembus Rp 3 Juta/Ekor

- 3 Juli 2020, 06:50 WIB
MENJELANG Iduladha harga domba di Garut mulai melonjak.*/ISTIMEWA
MENJELANG Iduladha harga domba di Garut mulai melonjak.*/ISTIMEWA /

ZONA PRIANGAN - Menjelang perayaan Iduladha 2020, tingkat permintaan domba di Garut mulai melonjak. Hal ini tentu sangat berpengaruh terhadap terjadinya kenaikan harga.

Adanya peningkatan permintaan domba di Garut, diungkapkan peternak domba asal Kampung Bayubud, Kecamatan Wanaraja, Aripin (58).

Menurut Aripin, sejak beberapa hari terakhir ke rumahnya sudah banyak orang yang berdatangan untuk memesan domba untuk keperluan kurban di Iduladha yang tinggal sebulan lagi.

"Ya alhamdulillah dengan meningkatnya permintaan, secara otomatis berpengaruh terhadap harga. Kini harga domba sudah mulai melonjak sehingga merupakan sebuah keuntungan bagi peternak domba seperti saya," kata Aripin, Kamis 2 Juli 2020.

Dikatakannya, harga domba lokal menjelang Iduladha seperti sekarang ini rata-rata mencapai Rp 3 juta hingga Rp 3,5 juta per ekor.

Dibanding hari-hari biasa, harga tersebut mengalami kenaikan yang cukup tinggi dimana biasanya hanya mencapai Rp 1,5 juta higga Rp 2 juta.

Ariprin menerangkan, untuk menghadapi Iduladha tahun ini, dirinya telah menyiapkan 7 ekor domba yang siap dijual.

Harga domba yang ditawarkan bisa berbeda-beda tiap ekornya karena tergantung kepada bobot dagingnya.

"Harga tiap-tiap domba tentu akan berbeda karena dilihat dari bobotnya. Lebih berat bobotnya, tentu harganya pun akan lebih mahal karena sudah pasti daging yang dihasilkannya akan lebih banyak," ujarnya kepada wartawan Kabar Priangan, Aep Hendy.

Menurut Aripin, selain menjual domba untuk kebutuhan Iduladha, dirinya pun selama ini sering menjual domba untuk kebutuhan aqiqah. Hanya saja, harga domba untuk kebutuhan aqiqah biasanya masih di bawah harga untuk kebutuhan idul adha.

Halaman:

Editor: Parama Ghaly


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x