Ed Sheeran Bebas dari Tuduhan Menjiplak Marvin Gaye

- 22 September 2023, 11:40 WIB
Penyanyi Ed Sheeran tampil dalam acara "Today" di NBC di Rockefeller Center, New York, AS, 6 Juni 2023.
Penyanyi Ed Sheeran tampil dalam acara "Today" di NBC di Rockefeller Center, New York, AS, 6 Juni 2023. /REUTERS/Brendan McDermid/File photo

ZONA PRIANGAN - Para pewaris seorang musisi yang turut menulis lagu "Let's Get It On" oleh Marvin Gaye telah setuju untuk menghentikan upaya banding mereka terhadap putusan juri AS yang membebaskan bintang pop Inggris Ed Sheeran dari tuduhan bahwa lagunya "Thinking Out Loud" secara ilegal menyalin klasik milik Gaye.

Dalam pengajuan pengadilan pada hari Rabu, disebutkan bahwa estate pencipta lagu Ed Townsend akan menarik banding tersebut dengan prasangka, yang berarti tidak dapat diajukan kembali.

Pengacara Sheeran, Ilene Farkas, pada hari Kamis mengatakan bahwa estate tersebut "mengakui bahwa banding akan berakhir dengan putusan yang dikonfirmasi tetapi juga dengan mereka terkena biaya dan biaya hukum, dan dengan bijak menarik diri".

Baca Juga: Penyanyi Pop Superstar Inggris Ed Sheeran Dituding Melanggar Hak Cipta Lagu Marvin Gaye

Pengacara untuk estate Townsend tidak segera menanggapi permintaan komentar pada hari Kamis.

Para pewaris Townsend menggugat Sheeran, Warner Music, dan Sony Music atas pelanggaran hak cipta pada tahun 2017, dengan klaim bahwa hit 2014 Sheeran, "Thinking Out Loud," menyalin dari klasik 1973 milik Gaye, termasuk melodi, harmoni, dan iramanya.

Pengacara Sheeran membantah dalam kasus yang mendapat perhatian besar ini bahwa setiap kesamaan antara lagu-lagu tersebut melibatkan "blok bangunan" musik dasar yang tidak dapat di-copyright.

Baca Juga: Musisi Pelopor yang Turut Meluncurkan Karier Ed Sheeran Meninggal Dunia di Usia Muda

Juri menentukan setelah persidangan selama enam hari pada bulan Mei bahwa lagu Sheeran tidak melanggar hak cipta Townsend dalam "Let's Get It On".

Halaman:

Editor: Toni Irawan

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah