Pengawas Senjata Dipenjara: Kematian di Set Film 'Rust' Membuka Pernyataan Keadilan

- 16 April 2024, 06:41 WIB
Hannah Gutierrez-Reed, didampingi kuasa hukumnya Jason Bowles, memasuki ruang sidang di Santa Fe, New Mexico pada Senin, 15 April 2024.
Hannah Gutierrez-Reed, didampingi kuasa hukumnya Jason Bowles, memasuki ruang sidang di Santa Fe, New Mexico pada Senin, 15 April 2024. /Eddie Moore/The Albuquerque Journal via AP,Pool

ZONA PRIANGAN - Seorang pengawas senjata film dijatuhi hukuman 18 bulan penjara atas penembakan fatal seorang sinematografer oleh Alec Baldwin di set film Western "Rust," dalam sebuah persidangan Senin di mana anggota keluarga dan teman-teman yang berlinangan air mata memberikan kesaksian yang mencakup seruan untuk keadilan dan hukuman yang akan menegakkan tanggung jawab keselamatan yang lebih besar di lokasi syuting film.

Hannah Gutierrez-Reed, penanggung senjata film, dinyatakan bersalah pada bulan Maret oleh juri atas tuduhan pembunuhan tidak disengaja dalam kematian sinematografer Halyna Hutchins dan telah ditahan selama lebih dari sebulan di sebuah penjara di pinggiran Santa Fe.

Jaksa menyalahkan Gutierrez-Reed karena tanpa sengaja membawa amunisi aktif ke lokasi syuting "Rust", di mana hal itu dilarang secara tegas, dan karena gagal mengikuti protokol keselamatan dasar senjata.

Baca Juga: Sidang Pembunuhan Tidak Sengaja: Alec Baldwin di Balik Kisah Tragis 'Rust'

Gutierrez-Reed tidak berhasil dalam permohonannya untuk hukuman yang lebih ringan, mengatakan kepada hakim bahwa dia bukanlah monster seperti yang orang-orang gambarkan dan bahwa dia telah berusaha sebaik mungkin di lokasi syuting meskipun tidak memiliki "waktu, sumber daya, dan staf yang tepat".

Baldwin, aktor utama dan co-produser untuk "Rust," sedang mengarahkan senjata ke arah Hutchins selama latihan di lokasi syuting di luar Santa Fe pada bulan Oktober 2021 ketika revolver tersebut meledak, membunuh Hutchins dan melukai sutradara Joel Souza.

Baldwin telah menyatakan tidak bersalah atas tuduhan pembunuhan tidak disengaja. Dia dijadwalkan untuk diadili pada bulan Juli di pengadilan di Santa Fe.

Baca Juga: Aktor Alec Baldwin: Plea Tidak Bersalah dalam Tragedi Penembakan 'Rust'

Hukuman terhadap Gutierrez-Reed disampaikan oleh Hakim New Mexico Mary Marlowe Sommer, yang mengawasi proses terhadap Baldwin.

Halaman:

Editor: Toni Irawan

Sumber: AP


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah