Honda Kembali ke Formula One bersama Aston Martin: Era Baru yang Menjanjikan!

- 24 Mei 2023, 17:34 WIB
Honda akan kembali ke Formula Satu sebagai produsen mesin penuh yang akan menggerakkan ambisi gelar Aston Martin ketika olahraga ini memasuki era baru pada tahun 2026.
Honda akan kembali ke Formula Satu sebagai produsen mesin penuh yang akan menggerakkan ambisi gelar Aston Martin ketika olahraga ini memasuki era baru pada tahun 2026. /REUTERS/Issei Kato

ZONA PRIANGAN - Honda akan kembali ke Formula One sebagai produsen mesin penuh yang akan menggerakkan ambisi gelar Aston Martin ketika olahraga ini memasuki era baru pada tahun 2026, demikian diumumkan oleh perusahaan mobil Jepang tersebut pada hari Rabu.

Kemitraan baru ini akan mengubah Aston Martin yang berbasis di Silverstone menjadi fokus utama Honda di grid start, menggantikan posisi mereka sebagai salah satu dari empat tim dengan mesin Mercedes.

"Sangat sulit untuk secara konsisten memenangkan kejuaraan tanpa hubungan kerjasama penuh, itulah mengapa kami membuat keputusan ini," kata Martin Whitmarsh, CEO Grup Teknologi Kinerja Aston Martin, kepada para wartawan, dikutip ZonaPriangan.com dari Reuters.

Baca Juga: Red Bull Tampil Dominan di Seri Pembuka Formula One tapi Tak Membuatnya Jemawa

Presiden Honda Racing Corporation (HRC), Koji Watanabe, mengkonfirmasi bahwa pabrikan tersebut tidak memiliki rencana untuk menyediakan unit tenaga kepada tim lain.

Honda secara resmi mengundurkan diri dari Formula One pada tahun 2021, tetapi tetap menyediakan mesin kepada juara dunia bertahan, Red Bull, yang telah mengumumkan kesepakatan dengan Ford mulai tahun 2026, dalam kerangka pengaturan dukungan teknis.

CEO Toshihiro Mibe menyatakan bahwa regulasi tahun 2026 dan dorongan Formula One terhadap keberlanjutan sejalan dengan tujuan kesetaraan karbon Honda.

Baca Juga: Verstappen Raih Kemenangan di GP Amerika ketika Red Bull Meraih Gelar Juara Dunia Konstruktor Formula One

Halaman:

Editor: Toni Irawan

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub