Apple dan Google Berkolaborasi: Gemini AI Menuju iPhone!

- 18 Maret 2024, 23:30 WIB
Orang-orang melihat iPhone 15 Pro baru saat iPhone 15 baru Apple secara resmi mulai dijual di seluruh China di sebuah Apple store di Shanghai, China 22 September 2023.
Orang-orang melihat iPhone 15 Pro baru saat iPhone 15 baru Apple secara resmi mulai dijual di seluruh China di sebuah Apple store di Shanghai, China 22 September 2023. /REUTERS/Aly Song/File Photo

ZONA PRIANGAN - Apple sedang dalam pembicaraan dengan Google untuk membawa kemampuan Gemini, model bahasa besar berbasis kecerdasan buatan generatif (AI), ke iPhone. Jika kesepakatan ini tercapai, iOS 18 bisa datang dengan fitur AI yang didukung oleh Gemini. Perusahaan juga telah melakukan pembicaraan dengan pembuat ChatGPT, OpenAI, untuk hal yang sama, seperti dilaporkan oleh laman Gadget 360.

Dilaporkan bahwa raksasa teknologi berbasis Cupertino ini menggunakan penyedia teknologi pihak ketiga karena perkembangan model AI miliknya tidak berjalan secepat yang diharapkan perusahaan.

Menyebutkan sumber yang tidak disebutkan namanya yang akrab dengan masalah ini, laporan dari Mark Gurman dari Bloomberg menyatakan bahwa Apple "sedang dalam pembicaraan untuk membangun mesin kecerdasan buatan Gemini Google ke dalam iPhone".

Baca Juga: Inilah Negara-negara yang Dipilih Apple untuk Peluncuran Vision Pro Terbaru

Sesuai dengan laporan, kesepakatan tersebut, jika mencapai kesepakatan, akan melihat Apple mengizinkan keluarga model AI Gemini untuk membangun kemampuan dan fitur baru untuk iPhone-nya.

Namun, juga ditekankan bahwa fitur AI akan berada pada perangkat dan bukan berbasis cloud seperti aplikasi Gemini untuk Android.

Hal ini akan berarti bahwa sementara model dasar akan disediakan oleh Google, Apple akan membangun di atasnya untuk fokus pada tugas tertentu dan menambahkan fungsionalitas terbatas itu dengan iOS.

Baca Juga: Kejutan Terbaru dari Apple: MacBook Pro M4 Sedang Dikembangkan!

Dikatakan bahwa fitur AI tersebut bisa diumumkan selama pengungkapan iOS 18 di Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024 perusahaan pada Juni 2024.

Halaman:

Editor: Toni Irawan

Sumber: Gadget 360


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah