Elon Musk Menjual Saham Tesla Senilai $6,9 Miliar pada Pekan Ini

- 14 November 2021, 11:02 WIB
Elon Musk menjual saham Tesla senilai $6,9 miliar.
Elon Musk menjual saham Tesla senilai $6,9 miliar. /Reuters

ZONA PRIANGAN - CEO Tesla Elon Musk melepas saham gabungan senilai $6,9 miliar atau sekitar Rp97,9 triliun di perusahaan mobil listrik pada pekan ini, mengambil keuntungan dari reli meteorik yang melonjakkan nilai perusahaan menjadi lebih dari $1 triliun atau sekitar Rp14 kuadriliun.

Dikutip dari Reuters, miliarder berusia 50 tahun itu telah menjual 1,2 juta saham yang dipegang oleh kepercayaannya lebih dari $1,2 miliar atau sekitar Rp17 triliun pada Jumat, yang terbaru dalam kesibukan transaksi sahamnya, menurut pengajuan sekuritas AS yang dirilis di kemudian hari.

Orang terkaya di dunia dan pemegang saham teratas Tesla itu, pada Sabtu lalu mentweet bahwa ia akan menjual 10 persen sahamnya jika pengguna platform media sosial menyetujui langkah tersebut, 10 persen akan menjadi sekitar 17 juta saham pada saat tweet-nya.

Baca Juga: 'Ikatan Cinta' Minggu 14 November 2021: Irvan Terjerat Jebakan Sendiri, Al Memukulnya dengan Sebuah Senyuman

Dia telah menjual 6,36 juta saham pada pekan ini, sekitar 37 persen dari 17 juta. Dia sekarang perlu melepas sekitar 10 juta saham lagi untuk memenuhi janjinya menjual 10 persen kepemilikannya.

Saham Tesla ditutup lebih rendah pada Jumat, turun 2,8 pada $ 1.033,42 atau sekitar Rp14,6 juta, menghentikan kenaikan beruntun dalam 11 pekan. Sahamnya naik lebih dari 46 persen tahun ini setelah reli tajam pada Oktober.

Penjualan saham, yang menandai pertama kalinya Musk menguangkan saham sebesar itu sejak perusahaan itu didirikan pada 2003, sangat besar menurut standar pasar modal, melampaui penawaran umum perdana sebagian besar perusahaan.

Baca Juga: Sara Duterte-Carpio Putri Presiden Filipina Akan Bersaing dengan Ayahnya dalam Pemilihan Wakil Presiden

Dengan membuat pengguna Twitter memberi lampu hijau langkah tersebut, ia telah menumpulkan kritik potensial untuk menguangkan pada saat penilaian Tesla menjadi berbusa dan saham berada pada rekor tertinggi.

Halaman:

Editor: Didih Hudaya ZP

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x