Perang Masih Berkecamuk, Ukraina Luluh Lantak, Zelensky-IMF Sudah Membahas Rekonstruksi Pascaperang Ukraina

- 18 April 2022, 15:01 WIB
Bangunan yang hancur berdiri di Borodianka, barat laut Kyiv, pada 5 April 2022.
Bangunan yang hancur berdiri di Borodianka, barat laut Kyiv, pada 5 April 2022. /UPI/Vladyslav Musienko

ZONA PRIANGAN - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Direktur Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva telah membahas upaya rekonstruksi pasca-perang ketika konflik di negara Eropa Timur itu mendekati dua bulan.

Dalam sebuah pernyataan hari Minggu, Zelensky mengatakan dia berbicara dengan Georgieva tentang persiapan yang diperlukan untuk mempelopori upaya tersebut serta masalah yang mempengaruhi stabilitas keuangan Ukraina.

"Kami memiliki rencana yang jelas untuk saat ini, serta visi prospek," kata Zelensky. "Saya yakin kerja sama antara IMF & [Ukraina] akan terus membuahkan hasil."

Baca Juga: Vladimir Putin Yakin Menang, Dia Berada dalam Logika Perangnya Sendiri

Georgieva berterima kasih kepada Zelensky atas "panggilan yang sangat baik" dalam pernyataan terpisah sambil menyerukan dukungan ekonomi yang berkelanjutan bagi negara yang terkepung itu untuk "meletakkan dasar untuk membangun kembali Ukraina yang kompetitif modern."

Panggilan itu diadakan setelah Perdana Menteri Ukraina Denys Shmyhal berbicara dengan Alfred Kammer, direktur Departemen Eropa IMF, pada hari Sabtu tentang peran lembaga keuangan internasional dalam mendukung Ukraina, lapor UPI.com, 18 April 2022.

Shmyhal mengatakan kedua belah pihak "setuju untuk melakukan upaya bersama untuk mengajukan rekening administratif IMF untuk [Ukraina]."

Baca Juga: Pertikaian Warga RT, Seluruh Jalan Mengibarkan Bendera Ukraina setelah Tetangga Menyatakan Dukungan bagi Putin

Rusia melancarkan perangnya melawan Ukraina pada 24 Februari, yang mengakibatkan kematian hampir 2.000 warga sipil dengan 2.651 lainnya terluka, menurut data PBB. Lebih dari 4,8 juta juga telah meninggalkan negara itu dengan jutaan lainnya mengungsi.

Halaman:

Editor: Didih Hudaya ZP

Sumber: UPI.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x